Syarat Naik Pesawat ke Bali yang Wajib Dipenuhi Wisatawan

0

ihgma.com, Jakarta – Bali merupakan salah satu tempat yang dijuluki sebagai surga dunia oleh para pelancong. Bagi kamu yang ingin menikmati akhir tahun di Bali alias Pulau Dewata, silakan simak dan penuhi sejumlah syarat naik pesawat ke Bali di bawah ini.

Syarat naik pesawat ke Denpasar, Bali selama periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, yakni sejak 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022, diatur di dalam Adendum SE Satgas COVID-19 No 24 Tahun 2021 dan SE Kemenhub No 111 Tahun 2021 seperti dilansir Kumparan.

Berikut adalah sejumlah syarat naik pesawat tersebut, yang dirangkum dari situs resmi Kementerian Perhubungan Republik Indonesia:

  1. Setiap calon penumpang wajib menunjukkan tanda identitas diri (KTP atau tanda pengenal lain yang sah).
  2. Setiap calon penumpang dari dan ke kota di seluruh Indonesia wajib menunjukkan kartu vaksinasi COVID-19 dengan dosis lengkap (2 dosis) dan hasil tes Rapid Antigen yang diambil maksimal 24 jam sebelum keberangkatan.
  3. Khusus untuk anak di bawah usia 12 tahun, wajib didampingi orang tua atau keluarga sedarah yang dibuktikan dengan kartu keluarga dan menunjukkan hasil tes PCR yang diambil maksimal 3×24 jam sebelum keberangkatan.
  4. Surat keterangan hasil tes COVID-19 wajib dilengkapi barcode atau QR code dan diterbitkan oleh laboratorium yang telah resmi terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan terintegrasi PeduliLindungi.
  5. Khusus untuk calon penumpang yang belum menerima vaksinasi COVID-19 dengan dosis lengkap (2 dosis) atau belum memperoleh vaksinasi karena faktor medis tidak diizinkan terbang.
  6. Khusus untuk calon penumpang yang belum bisa menerima vaksinasi COVID-19 karena alasan medis, tetapi perlu terbang untuk keperluan berobat bisa terbang dengan menunjukkan syarat hasil negatif tes PCR dengan pengambilan maksimal 3 x 24 jam sebelum keberangkatan dan surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah.
  7. Unduh aplikasi PeduliLindungi, isi eHAC, dan tunjukkan barcode di aplikasi PeduliLindungi untuk validasi dokumen perjalanan digital kepada petugas check-in counter bandara.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa untuk pengerbangan ke Denpasar, Bali, calon penumpang tidak diwajibkan untuk melakukan tes PCR, melainkan cukup antigen saja. Namun, untuk beberapa penumpang dengan kondisi khusus, masih diwajibkan untuk melakukan tes PCR.

Leave A Reply

Your email address will not be published.