Ratusan Wisatawan Sudah Pesan Tiket Tahun Baru di Gunung Bromo

0

ihgma.com – Tiket wisata ke Gunung Bromo jelang perayaan tahun baru 2022 sudah mulai ramai dipesan. Masyarakat pecinta wisata alam sudah mulai memesan tiket secara online untuk penghujung pergantian tahun.

“Kuotanya kan dibatasi 25%. Total yang sudah booking untuk tanggal 30 Desember sampai 2 Januari 2022 untuk WNI 654 tiket dan WNA sebanyak 2 tiket,” ungkap Kepala Sub Bagian Data, Evaluasi dan Humas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS), Sarif Hidayat di Malang, Selasa (28/12) seperti dilansir Merdeka.

Wisatawan memiliki minat cukup tinggi terhadap keindahan alam Gunung Bromo sejak dibuka Selasa (30/11) lalu. Kawasan tersebut dibuka dengan melakukan pembatasan jumlah pengunjung yakni maksimal 25 persen dari total daya tampung.

Sarif menegaskan, kawasan wisata Gunung Bromo tidak terdampak oleh erupsi Gunung Semeru dan tetap beroperasi secara normal. Keseharian para wisatawan masih selalu berdatangan terutama saat akhir pekan.

“Kunjungan masih antusias pasca erupsi Semeru, kunjungan Bromo fluktuatif. Tapi untuk week end kalau lihat dari data booking kunjungan hampir selalu full booking,” tegasnya.

Kawasan wisata Bromo terletak di empat wilayah yakni Kabupaten Malang, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Pasuruan. Jumlah kuota yang disediakan berdasarkan lokasi wisata sebagaimana ketentuan yakni Bukit Cinta kapasitas 31 orang, Bukit Kedaluh kapasitas 107 orang, Penanjakan kapasitas 222 orang, Mentigen kapasitas 55 orang dan Savana Teletubis kapasitas 319 orang.

Sarif mengaku telah menyiapkan serangkaian penjagaan untuk penghujung tahun baru dengan melibatkan berbagai komponen masyarakat. Sehingga diharapkan dapat menjaga keamanan selama musim libur tahun baru.

“Seperti biasa kami melakukan giat PAMJung tahun baru. Selain personel pintu masuk itu sendiri juga ada BKO dari personel non pintu masuk. Kemudian juga kita dibantu TNI/ Polri, Kecamatan, MMP dan MPA/ mitra lainnya untuk PAMJung tahun baru tersebut,” jelasnya.

Sarif meminta wisatawan menerapkan protokol kesehatan l saat berada di lokasi wisata. Mereka harus mengikuti protokol kesehatan berdasarkan ketentuan yang diterapkan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.