Negara Ini Punya Paling Banyak Restoran Mahal Michelin Star

0

ihgma.com, Michelin Star (bintang Michelin) merupakan penghargaan tertinggi dalam bidang kuliner. Untuk mendapatkan ini, restoran atau tempat makan harus memiliki hidangan dengan cita rasa yang luar biasa dan tentu selalu terjaga kelezatannya.

Sudah ada banyak restoran yang mendapatkan bintang Michelin, tetapi Jepang rupanya menjadi salah satu negara dengan jumlah restoran terbanyak yang mendapatkan penghargaan bergengsi ini. Beberapa di antaranya terletak di wilayah Kyoto dan Tokyo.

Chef Masaharu Morimoto, yang dikenal sebagai bintang acara memasak televisi “Iron Chef” dan “Iron Chef America” mengatakan ada alasan mengapa banyak restoran mahal Jepang yang mendapatkan Michelin Star.

Food Network & Cooking Channel New York City Wine & Food Festival Presented By Capital One
Food Network & Cooking Channel New York City Wine & Food Festival Presented By Capital One (Dave Kotinsky/Getty Images)

 

“Restoran Jepang mengambil ikan musiman dari seluruh dunia, yang meningkatkan biaya bahan-bahannya,” katanya, dikutip dari CNBC Internasional. “Ada juga biaya pengiriman dan penyimpanan yang tepat untuk bahan-bahan ini, mengingat makanan laut segar memiliki umur simpan yang pendek.”

Morimoto mengatakan keterampilan yang dimiliki koki, ketepatan dan seni dalam membuat dan menyajikan hidangan adalah faktor lainnya. Restoran Jepang juga bisa sangat kecil, sehingga pengunjung dapat menerima perhatian pribadi dari koki. Ini memberikan pengalaman lain saat menyantap makanan.

“Restoran dengan jumlah kursi terbatas biasanya berusaha memberikan pengalaman makanan yang intim dan bermakna bagi para tamunya,” kata Morimoto. “Banyak restoran sushi terkenal memiliki maksimal delapan kursi, tanpa server atau staf tambahan.”

Banyak makanan di restoran Jepang kelas atas disajikan dengan gaya omakase, di mana koki memilih apa yang akan disajikan.

Foto: Sushi (Photo by Ivan Samkov from Pexels)
Foto: Sushi (Photo by Ivan Samkov from Pexels)

 

“Itu memungkinkan para koki menyiapkan petualangan yang berbeda dari yang lain untuk pengalaman bersantap multi-menu yang tak terlupakan yang menampilkan ikan segar dan berbagai bahan khusus lainnya yang disediakan untuk makanan yang benar-benar unik ini,” kata Morimoto.

Meskipun mendominasi daftar restoran termahal, Jepang mungkin bukan negara termahal secara keseluruhan bagi orang-orang yang mencari pengalaman bintang Michelin terbaik.

Melansir CNBC Indonesia analisis terpisah oleh Chef’s Pencil yang diterbitkan pada September 2021 menganalisis harga menu mencicipi paling mahal di restoran dengan dua dan tiga bintang Michelin. Jepang berada di urutan keempat dalam daftar itu.

Berikut sepuluh restoran termahal di dunia yang telah menerima bintang Michelin, menurut Chef’s Pencil. Harga di bawah merupakan harga per orang, biasanya tidak termasuk minuman dan biaya layanan.

1. Sublimotion di Ibiza, Spanyol (US$ 1.740)

2. Ultraviolet oleh Paul Pairet di Shanghai, China (US$ 1.422)

3. Kitcho Arashiyama Honten di Kyoto, Jepang (US$ 910)

4. Azabu Kadowaki di Tokyo, Jepang (US$ 825)

5. Masa di Kota New York, Amerika Serikat (US$ 800)

6. (Tie) Joel Robuchon di Tokyo, Jepang (US$ 637)

6. (Tie) Kikunoi Honten di Kyoto, Jepang (US$ 637)

6. (Tie) Gion Maruyama di Kyoto, Jepang (US$ 637)

9. Guy Savoy di Paris, Prancis (US$ 615)

10. Piazza Duomo di Alba, Italia (US$ 580)

Leave A Reply

Your email address will not be published.