Pantai di Film ‘The Beach’ Sudah Boleh Didatangi Turis

0

ihgma.com, Jakarta – Thailand memutuskan untuk membuka kembali Maya Bay, yakni pantai yang terkenal karena menjadi lokasi pengambilan gambar dalam film berjudul ‘The Beach’ pada tahun 2000. Film tersebut dibintangi oleh aktor asal Amerika Serikat Leonardo DiCaprio.

Maya Bay sudah lebih dari tiga tahun ditutup. Penutupan tersebut untuk memungkinkan dilakukannya pemulihan pada ekosistem di pantai itu karena dampak seringnya didatangi pengunjung seperti dilansir Tempo.

Seorang turis berpose untuk difoto saat berlibur di pantai Maya Bay, pulau Phi Phi leh di provinsi Krabi, Thailand, Kamis, 31 Mei 2018.
Seorang turis berpose untuk difoto saat berlibur di pantai Maya Bay, pulau Phi Phi leh di provinsi Krabi, Thailand, Kamis, 31 Mei 2018. (AP Photo/Sakchai Lalit)

 

Pantai Maya Bay dikelilingi oleh tebing-tebing yang tingginya bisa sampai 100 meter. Lokasinya terletak di Pulau Phi Phi Leh di Laut Andaman, Thailand.

Maya Bay hanya bisa diakses oleh perahu dari sejumlah titik, seperti Pulau Phuket, Pulau Phi Phi atau wilayah daratan Krabi.

Otoritas menutup Maya Bay untuk umum pada 2018 dengan alasan terumbu karang dan area pantai Maya Bay sudah rusak oleh aktivitas turis yang terus – menerus. Akan tetapi, mulai awal 2022 ini para pengunjung sudah boleh berkunjung ke Maya Bay.

“Ikan hiu sudah mulai berdatangan, terumbu karang sedang bertumbuh dan air lautnya sudah mulai jernih lagi. Hal-hal semacam ini memperlihatkan bahwa alam akan pulih jika kita memberikannya waktu. Kita pun harus berusaha menjaganya,” kata Yuthasak Supasorn, Gubernur Badan Pariwisata Thailand.

Untuk memastikan protokol kesehatan dijalankan, maka hanya 375 pengunjung yang boleh datang ke Maya Bay dalam waktu bersamaan. Berenang di pantai itu, masih belum diperbolehkan saat ini.

Sebelum pandemi Covid-19 terjadi, sektor pariwisata Thailand menyumbang 12 persen pemasukan pada perekonomian Negeri Gajah Putih tersebut. Pariwisata adalah salah satu roda penggerak ekonomi Thailand, yang pada 2019 mendatangkan 40 juta turis.

Leave A Reply

Your email address will not be published.