Pelaku Wisata di Yogyakarta Minta Penerbangan Langsung dari Luar Negeri Ditambah

0

ihgma.com – Sektor pariwisata di Yogyakarta mulai menggeliat seiring melandainya pandemi COVID-19. Namun, pelaku wisata menilai geliat wisata ini harus diimbangi dengan penambahan penerbangan langsung dari luar negeri ke Yogyakarta International Airport (YIA).

“Kendala yang bisa kita sampaikan bahwasanya penerbangan yang masih kurang ke Yogyakarta harus jadi prioritas ke depannya,” kata Himna Ketua Asita Korwil Jawa, Edwin Ismedi seperti dilansir Kumparan, Selasa (13/9).

Edwin yang juga ketua acara Jogja International Travel Mart (JITM) 2022 menuturkan, penerbangan dari luar negeri ke YIA saat ini baru dari Kuala Lumpur, Malaysia. Itu pun, baru 2 kali dalam seminggu.

“Penerbangan baru ada 2 kali seminggu Air Asia (dari) Kuala Lumpur. Ketahui Malaysia merupakan salah satu hub. Harapan kita yang dari Eropa terbang Kuala Lumpur baru ke Yogyakarta tidak ke destinasi lain,” ujar Edwin Ismedi.

Ilustrasi pesawat saat take off. Foto: Jaromir Chalabala/Shutterstock
Ilustrasi pesawat saat take off. Foto: Jaromir Chalabala/Shutterstock

Diharapkan Pemda DIY dapat mengkomunikasikan langsung ke Kemenhub, agar ada penambahan penerbangan langsung dari luar negeri ke YIA. Dengan begitu, Yogyakarta bisa makin bersaing di sektor wisata.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo, mengatakan bahwa informasi dari Angkasa Pura I bahwa akan segera ada penerbangan langsung dari Singapura segera.

“2023 ini nanti connecting dengan dari Singapore ke YIA kami berharap mulai ada akhir tahun ini,” ungkap Singgih.

Di sisi lain, Singgih mengakui bahwa wisatawan mancanegara mulai aktif masuk Yogyakarta mulai Juli lalu. Informasi ini dia terima dari hotel dan biro perjalanan.

“Pintu masuknya melalui Jakarta dan Bali. Ada dari Malaysia tapi jumlah sedikit. Jakarta biasanya mereka over land nanti stay di Jogja, over land lagi Bromo terus Bali, baru ke negaranya,” pungkas Singgih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.