Optimalkan Utilitas Bandara YIA, Sandiaga Uno Upayakan Buka Rute Ke Australia

0

Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Sandiaga Uno menyatakan tengah mengupayakan pembukaan rute penerbangan langsung dari Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA)- Australia.  “Bandara YIAini tingkat utilisasi-nya masih di bawah 60 persen, sehingga kami sedang upayakan pembukaan jalur ke Australia ini,” kata Sandiaga di Yogyakarta, Selasa 29 Agustus 2023.

Kata Sandiaga, Pembukaan Rute Berimas ke Pariwisata

Sandiaga berharap, dengan pembukaan rute anyar itu, pemanfaatan Bandara YIA bisa paling tidak mencapai 80 persen dan sektor pariwisata di Yogyakarta tambah menggeliat. Sandi mengatakan soal pembukaan rute Australia ini, sudah disampaikan kepada Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang lantas mengusulkan rute itu antara lain menuju Perth, Melbourne dan Sydney.

“Pembukaan rute Australia ini bisa diikuti dengan pembukaan rute penerbangan langsung lain, seperti Garuda Indonesia ke Madinah,” kata dia. Sandiaga menambahkan, dari upaya selama enam bulan untuk pembukaan penerbangan langsung di Bandara YIA itu, setidaknya ada tiga maskapai mulai tertarik untuk memasukkan jadwal penerbangannya. Yaitu Emirat, Qatar Airways, dan Turkish Airlines.

Mengutip Tempo, “Turkish Airlines ke Istanbul, Qatar Airways ke Doha dan juga Emirat ke Dubai,” kata Sandiaga. “Ketiga maskapai itu yang menyatakan sangat tertarik dan lagi mengupayakan memasukkan schedule-nya, mudah-mudahan sebelum akhir tahun atau awal tahun 2024 nanti,” kata Sandiaga.

Bandara Adisutjipto Jadi Bandara Hub

Sandi menuturkan, dalam upaya meningkatkan pariwisata dan ekonomi kreatif di Yogyakarta, bandara lama yakni Bandara Adisutjipto bisa dioperasikan sebagai bandara hub untuk pesawat-pesawat jenis propeller atau baling-baling. Operasional pesawat itu di Bandara Adisutjipto, bisa menjadi penerbangan alternatif ke destinasi-destinasi wisata yang ada di Pulau Jawa maupun Bali juga Lombok.

“Misalnya ke Bandung, Banyuwangi, Malang, juga bisa menyambungkan ke Bali, ke Lombok, dengan hub-nya  Bandara Adisutjipto,” kata dia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.