Jerman Tolak Paspor Indonesia Tanpa Kolom Tanda Tangan

0

ihgma,com, Jakarta-Jerman dilaporkan menolak paspor RI yang tidak memiliki bagian kolom tanda tangan. Kedutaan Besar Jerman di Jakarta melalui keterangan di situsnya, memastikan ini.

Saat ini beredar dua paspor Indonesia. Pertama, dengan tanda tangan. Kedua, tanpa tanda tangan, yang baru dikeluarkan pada 2019. Direktorat Jenderal Imigrasi, dalam keterangannya menyebut, kedua jenis paspor hanya terbatas perbedaan desain saja dan sama-sama berlaku.

“Mulai saat ini paspor Indonesia tanpa kolom tanda tangan tidak dapat diproses. Perihal ini sedang diperiksa dengan kerjasama antara instansi pemerintah Jerman dan Indonesia yang berwenang,” tulis keterangan tersebut seperti dikutip Tempo pada Jumat, 12 Agustus 2022.

Kedutaan Besar Jerman menambahkan, pihaknya tidak dapat menerima paspor tanpa kolom tanda tangan untuk pemrosesan permohonan visa.

“Tambahan tanda tangan di kolom ‘Endorsements’ tidak dapat diakui sebagai pengganti dari kolom tanda tangan di paspor Indonesia yang mengakibatkan paspor Anda tidak dapat diproses,”

Sebelumnya, pengguna Twitter @gesgandenglah pada Kamis, 11 Agustus 2022, mengeluhkan masalah ini, dengan menyapa akun Direktorat Jenderal Imigrasi, yang berada di bawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

“Hallo, @ditjen_imigrasi, saya mau tanya dong, kenapa bisa ya imigrasi ngeluarin paspor yang tidak bisa valid di Kedutaan jerman? mereka bilang kalau paspor Indonesia tidak sesuai aturan internasional. Kami ditolak dengan alasan tidak ada kolom tanda tangan di bagian lembar terakhir,” cuit warganet itu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.