4 Cara Memilih Tujuan Wisata untuk Healing

0

ihgma.com – Cara memilih tujuan wisata perlu diketahui jika ingin melakukan healing atau melepas stres. Ada banyak jenis tempat wisata yang bisa didatangi, sehingga hal ini terkadang membuat bingung orang-orang yang ingin melakukan perjalanan.

Ada beberapa persiapan yang tentunya perlu dilakukan agar tempat wisata yang dipilih bisa sesuai dengan keinginan. Merancang tujuan di awal perjalanan akan membantu untuk memperlancar wisata agar lebih bermakna.

Cara Memilih Tujuan Wisata untuk Healing

Mengutip Kumparan dari buku Ramu Resep Pariwisata Berkelanjutan oleh Agus W. Soehadi, dkk (2022), liburan dapat menjadi salah satu cara self healing yang menyenangkan. Berikut adalah cara memilih tujuan wisata untuk healing agar perjalanan lancar:

Ilustrasi Cara Memilih Tujuan Wisata, sumber foto (Wang XI) by unsplash.com
Ilustrasi Cara Memilih Tujuan Wisata, sumber foto (Wang XI) by unsplash.com
  1. Sesuaikan dengan Budget

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk memilih tujuan wisata adalah dengan menyesuaikan budget yang dimiliki. Contohnya, jika budget yang dimiliki pas-pasan, maka wisatawan bisa memilih destinasi yang dekat dengan biaya perjalanan yang murah.

Namun, jika budget yang dimiliki lumayan besar, maka tidak ada salahnya untuk memilih wisata di luar kota, luar provinsi, hingga luar negeri.

  1. Pilih Jenis Tempat Wisata

Langkah berikutnya yang perlu dilakukan adalah dengan memilih jenis tempat wisata yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, jika ingin bersenang-senang, maka bisa memilih taman hiburan yang menyediakan ragam wahana permainan seru.

Jika ingin berwisata untuk mencari ketenangan, maka naik gunung, pergi ke pantai, atau bersantai di tepi danau bisa dijadikan opsi terbaik untuk healing.

  1. Sesuaikan Jadwal dengan Acara yang Ingin Dilihat

Tujuan wisata juga bisa ditentukan berdasarkan jadwal acara menarik yang ingin dikunjungi. Misalnya, jika ingin berkunjung ke Jogja, maka wisatawan bisa datang pada saat ada pameran seni besar, vestival musik, atau acara menarik lainnya.

Hal ini patut diperhatikan agar liburan yang dilakukan bisa membawa makna yang berkesan.

  1. Cari Tahu Waktu Terbaik Berwisata

Cara memilih tempat wisata yang berikutnya adalah dengan mengetahui kondisi cuaca dan momen penting lainnya. Contohnya, jangan memilih tempat wisata yang jauh ketika musim liburan karena pasti sangat ramai dan biayanya akan naik.

Selain itu, berwisata saat musim hujan juga tidak baik karena dapat mengganggu perjalanan. Apalagi, jika tujuan wisatanya adalah alam yang rentan mengalami gangguan seperti banjir atau tanah longsor.

Berbagai cara memilih tujuan wisata yang disebutkan di atas bisa dijadikan panduan untuk healing agar perjalanan liburan semakin nyaman dan lancar. (DLA)
Leave A Reply

Your email address will not be published.