Wisata Bromo Dibuka Kembali!

0

ihgma.com, Jakarta – Gerbang wisata di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dibuka kembali. Traveler bisa berlibur ke dalam kawasan lautan pasir dan lainnya.

Pengelola menyebut bahwa api dari kebakaran karena flare prewedding telah berhasil dipadamkan. Oleh karenanya, pada Senin (18/9/2023), diumumkan bahwa traveler sudah bisa masuk kawasan mulai esok hari.

Mengutip DEtik Travel, Balai Besar TNBTS membuka semua akses masuk ke kawasan atau empat pintu. Jadi, traveler bisa masuk melalui Malang hingga Lumajang.

Tak hanya itu, karena terjadi musibah kebakaran akibat flare beberapa waktu lalu, traveler yang terdampak penutupan juga bisa menukar tiket masuk TNBTS. Di sisi lain, jalur pendakian Gunung Semeru masih ditutup.

Berikut pengumumannya:

Sehubungan dengan telah berhasil dipadamkannya kebakaran yang terjadi pada Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN BTS), bersama ini disampaikan hal-hal sebagai berikut:

1. Kunjungan Wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), baik melalui pintu masuk Coban Trisula Kabupaten Malang, Wonokitri Kabupaten Pasuruan, Cemorolawang Kabupaten Probolinggo, dan Senduro Kabupaten Lumajang telah dibuka untuk pengunjung terhitung mulai hari Selasa, 19 September 2023 pukul 00.01 WIB.

2. Pembelian karcis masuk Kawasan Bromo dan sekitarnya hanya dapat dilakukan secara on/ine melalui tautan https://bookingbromo.bromotenggersemeru.org dan tidak ada pembelian karcis Bromo secara offline di seluruh pintu masuk, kecuali system booking online sedang bermasalah. Calon pengunjung diwajibkan untuk mematuhi seluruh peraturan dan larangan berlaku di dalam kawasan TNBTS yang tercantum di website booking online.

3. Bagi pengunjung yang telah melakukan pembelian karcis melalui booking online pada tanggal 7 – 18 September 2023, dapat mengajukan reschedule melalui tautan http://bit.lyreschedulebromo092023.

4. Kunjungan Wisata ke Ranu Regulo dan Ranu Darungan juga telah dibuka untuk pengunjung. Pembelian karcis masuk Ranu Regulo dan Ranu Darungan dapat dilakukan melalui pembelian langsung di pintu masuk Ranu Regulo dan Ranu Darungan. Sedangkan untuk pendakian Gunung Semeru masih ditutup karena tingkat aktivitas kegunungapiannya masih pada Level III, Siaga.

5. Mengimbau kepada seluruh pengunjung dan pelaku jasa wisata agar mematuhi prosedur masuk peraturan dan larangan yang berlaku di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru serta mengingat saat ini masih dalam masa waspada kebakaran hutan agar tidak membawa peralatan yang bisa menimbulkan kebakaran hutan antara lain api unggun, perapian, kembang api, petasan dan flare untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan demi keselamatan, keamanan, dan kenyamanan bersama.

Demikian pengumuman ini disampaikan untuk menjadi perhatian kepada masyarakat, pengunjung dan pihak-pihak terkait, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.