Sampoerna Academy Gelar Literacy Fest, Ini Tujuannya

0

ihgma.com, Jakarta – Lembaga pendidikan kelas dunia Sampoerna Academy menyelenggarakan program tahunan Literacy Fest 2022. Program ini bertujuan untuk membuka akses literasi lebih luas lagi kepada generasi muda Indonesia ini, Sampoerna Academy bekerja sama dengan Perpustakaan DKI Jakarta.

National Principle Sampoerna Academy Wulan Septiandari mengatakan program ini menjadi komitmen Sampoerna Academy dalam membangun generasi muda melalui literasi. Menurut dia, keterampilan literasi adalah keterampilan dasar atau landasan untuk membuka dunia dengan segala bidang ilmu pengetahuan.

“Dan kami memahami perpustakaan Jakarta, dalam rangka memperingati hari literasi internasional, juga ingin meningkatkan bukan hanya kemampuan literasi, tapi juga pengetahuan luas melalui buku-buku dari Perpustakaan Jakarta saat ini, yang kami ingin menjadi bagian dalam membangun generasi muda untuk lebih mencintai buku dan membuka dunia secara lebih luas lagi melalui kemampuan literasi,” ujar dia dalam Press Conference Literacy Fest 2022, di Jakarta seperti dilansir CNBC Indonesia pada Jumat (16/9/2022).

Di samping itu, Wulan mengungkapkan bahwa kemampuan literasi lebih dari sekadar kemampuan bahasa, membaca, dan menulis. Dia menegaskan keterampilan literasi menjadi salah satu rutinitas yang dibangun mulai dari usia dini.

“Dan kemampuan literasi membuat mereka untukmemahami bahasa baru ini terus berkembang sepanjang usia emas mereka, yang akan terus membantu mereka meningkatkan daya nalar dan berpikir kritis pada saat mereka memasuki jenjang pengetahuan yang lebih tinggi, di level selanjutnya,” ungkap Wulan.

Dalam kesempatan tersebut, Sampoerna Academy juga meluncurkan juga meluncurkan buku hard copy “Elidi & The Ancestor’s Garden” yang disusun oleh siswa-siswa Sampoerna Academy, mulai dari Grade 3 hingga Grade 11 sebagai penulis dan ilustrator.

Wulan menjelaskan bahwa buku tersebut disusun berdasarkan kurikulum dengan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics) yang berfokus pada pengembangan 5C yaitu Critical Thinking, Communication, Collaboration, Creativity, and Character.

“Penulisan ini salah satu cara mengembangkan kreativitas dan kolaborasi bagaimana mereka melakukannya dengan teman-teman yang lain. Di sini mereka belajar bukan hanya skill kreativitas, tapi juga komunikasi dibentuk pada saat menulis buku ini,” papar dia.

Penyelenggaraan Literacy Fest 2022 tersebut turut diapresiasi oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta Wahyu Haryadi. Dia mengungkapkan bahwa kerja sama ini menjadi hal yang diharapkan untuk meningkatkan literasi baik di Provinsi DKI Jakarta maupun di Indonesia.

Dia juga mengatakan bahwa saat ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memiliki program untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) sehingga salah satunya adalah meningkatkan literasi, khususnya kegemaran membaca.

“Dengan keseriusan kita, makanya ada Peraturan Gubernur Nomor 76 2018 tentang Pembudayaan Kegemaran Membaca. Jadi kita terus mengadakan dan melakukan terkait dengan bagaimana gerakan yang ada di masyarakat supaya adanya peningkatan kegemaran membaca,” jelas dia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.