Pantai Indah Ini Cuma Boleh Ditonton, Tidak untuk Dikunjungi

0

ihgma.com, Sardinia – Italia mempunyai pantai pasir merah muda yang amat menawan, tetapi sayangnya tidak boleh dikunjungi. Wisatawan hanya boleh melihat dari jauh.

Pantai itu bernama Spiaggia Rosa. Dilansir Detik Travel dari The Sun, Selasa (20/6/2023), Pantai Spiaggia Rosa berada di Pulau Budelli, yakni bagian dari Kepulauan La Maddalena, Sardinia, Italia. Karena kecantikannya, pulau itu telah dilindungi oleh pemerintah Italia sejak tahun 1992.

Warna pink atau merah muda pada pasir pantai itu disebabkan oleh cangkang mikroorganisme yang hancur dan bercampur dengan pasir ketika mikroorganisme itu mati.

Pantai ini sempat kehilangan warna merah jambunya akibat terlalu banyak turis yang datang. Berkaca kepada situasi itu, saat ini pengunjung dilarang untuk datang ke Pantai Spiaggia Rosa.

Namun setelah pelarangan dilakukan, warna pink di pantai itu muncul kembali. Tapi ancaman kehilangan warna pink masih membayangi. Sebab, wisatawan nakal tetap berdatangan, walaupun tidak memiliki izin.

“Pantai ini kembali terancam karena orang-orang datang dengan perahu, menuju ke pantai, lalu berfoto dan pamer di media sosial. Kalau kami bsia menangkap mereka ada ancaman denda hingga 500 euro atau sekitar Rp 8 juta,” ujar Direktur Taman Nasional Kepulauan Maddalena, Fabrizio Fonnesu, dalam sebuah artikel di Times.

Ulah wisatawan lain yang lebih meresahkan adalah mereka mengambil pasir merah muda di daerah Sardinia sebagai cenderamata. Padahal, aturannya, mereka bisa didenda hingga 3.500 euro atau sekitar Rp 56,8 juta.

Menurut Guardian, pada tahun 2001, terdapat sepasang suami istri yang didenda sebesar 1.000 euro atau sekitar Rp 16 juta. Mereka berdua dilaporkan mengambil pasir pantai pink itu dan memasukkannya ke dalam botol plastik.

Hingga saat ini, menginjakkan kaki di pantai masih dilarang. Bagi traveler yang ingin mengagumi pantai pasir merah muda dapat dilakukan dengan melihatnya dari atas perahu. Traveler dapat memesan tur menggunakan perahu pribadi atau layanan feri untuk melihat-lihat tempat terpencil ini dari jauh.

Ternyata, bukan hanya Pantai Spiaggia Rosa yang melarang kunjungan wisatawan. Pantai-pantai lain di sekitar pulau ini juga telah mengambil langkah serupa atau setidaknya membatasi jumlah pengunjung untuk meminimalkan dampak dari para wisatawan.

Misalnya, Pantai Cala Sisine yang hanya mengizinkan 1.600 orang berkunjung, atau Pantai Santa Maria Navarrete yang hanya mengizinkan 1.300 orang. Lebih sedikit lagi misalnya Cala Mariolu, dengan hanya 550 orang yang diizinkan masuk per hari.

Leave A Reply

Your email address will not be published.