Libur Nataru, Penumpang Internasional di Bandara Soekarno-Hatta Meningkat

0

ihgma.com, Tanggerang – Satuan Tugas Covid-19 Bandara Soekarno-Hatta mencatat terjadi lonjakan penumpang dari Luar Negeri menjelang libur Natal danTahun Baru ini.

Komandan Satgas Covid-19 Bandara Soekarno-Hatta Kolonel Agus Listiyono mengatakan peningkatan penumpang dari luar negeri sudah mulai terjadi pada bulan Desember ini. “Dengan rata-rata penumpang harian lebih dari 4 ribu orang per hari,” ujarnya Kamis 23 Desember 2021.

Agus menyebut, sekitar 70 persen penumpang dari Luar Negeri itu adalah Pekerjaan Migran.

Agus mengatakan peningkatan penumpang mulai terjadi dalam satu pekan terakhir ini atau menjelang libur Natal dengan rata-rata 3-4 ribu penumpang. “Jumlah tertinggi pada akhir pekan,” ujarnya.

Jika dibandingkan pada bulan November lalu, kata Agus, rata-rata harian penumpang internasional hanya berkisar 2200 hingga 2800 orang per hari.

Jumlah ini, kata Agus, diperkirakan akan meningkat pada puncak libur Natal dan Tahun Baru.

Untuk mengantisipasi adanya lonjakan penumpang, Agus mengatakan, Satgas Covid-19 Bandara Soekarno-Hatta dari unsur TNI Angkatan Udara mengerahkan 70 personel dengan rincian 60 orang bertugas di Terminal 3 dan 10 orang diperbantukan di Terminal 2F yang difungsikan untuk pintu kedatangan penumpang dari Luar Negeri seperti dilansir Tempo.

Langkah lainnya, kata Agus, mengubah skema proses karantina di Bandara Soekarno-Hatta dari manual ke online serta menggunakan barcode untuk pendataan penumpang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.