Keren! Restoran Ini Pakai Teknologi Deteksi Keaslian Makanan

0

ihgma.com – Praktik penipuan dalam industri kuliner marak terjadi dan bisa menimpa siapa saja, mulai dari pihak penyedia bahan pokok, restoran, hingga pelanggan. Sebagai pelanggan, biasanya penipuan terjadi saat pemesanan makanan dilakukan.

Tak jarang ada pihak jahat yang sengaja memberi pelanggan makanan tak sesuai pesanan. Sebagai contoh, bisa jadi ikan goreng atau sate ayam yang kita pesan ternyata dibuat dan disajikan menggunakan ikan atau hewan lain yang menyerupai.

Penipuan tersebut kerap terjadi dan sangat merugikan pelanggan. Untuk memastikan tidak adanya praktik penipuan yang merugikan pelanggan, sebuah restoran di Dubai bernama Rockfish berinovasi dengan menggunakan teknologi untuk menjamin keaslian produk yang dijual.

Ilustrasi scan Bar Code
Ilustrasi scan Bar Code

 

Inovasi dimiliki restoran tepi pantai ini dalam bentuk pemberian QR Code kepada para pelanggan yang memesan makanan dan minuman di sana. QR Code itu terhubung dengan suatu laman di internet yang menginformasikan kapan dan di mana ikan pesanan pelanggan diambil, lengkap dengan proses distribusi dan sertifikat pelengkap.

Koki Eksekutif Rockfish, Marco Acquaroli, berkata inovasi ini dikeluarkan karena ada banyak “produk palsu dan penamaan produk palsu” di menu-menu restoran di dunia.

“Di sini, kami berinisiatif menghadirkan kesegaran, kualitas, keberlanjutan, dan kemampuan pelanggan untuk melacak perjalanan pesanannya. Kami senang sekarang, karena seluruh tamu kami 100% bisa mengetahui rekam jejak ikan yang mereka pesan,” kata Marco dikutip CNBC Indonesia dari CNN Internasional, Minggu (9/1/2022).

Dalam melakukan inovasinya, Rockfish bekerjasama dengan Seafood Souq, sebuah lokapasar e-commerce yang menghubungkan pembeli dan penjual ikan dari seluruh dunia. Platform ini telah menggunakan teknologi serupa untuk digunakan pelanggannya sejak lama.

“(Pasok rantai) Seafood adalah industri yang di dalamnya tidak membutuhkan suap, tetapi diselimuti kegelapan. Artinya, sangat susah bagi pelanggan mengetahui asal makanan laut yang mereka dapatkan,” kata CEO Seafood Souq, Sean Dennis.

Dengan teknologi pelacakan ini, Dennis berkata perusahaannya bisa memberi data yang akurat hingga detail berupa alamat dan lokasi pengambilan produk-produk laut. Teknologi ini juga membantu proses pembuatan seafood berjalan lebih efisien.

Leave A Reply

Your email address will not be published.