Kemuning Sky Hills di Karanganyar Gaet 30 Ribu Pengunjung per Bulan

0

ihgma.com, Bandung – Lokasi wisata baru Kemuning Sky Hills di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, diklaim tengah booming. Objek wisata ini berupa jembatan kaca di area perkebunan teh yang luasnya 450 hektare.

Asisten Daerah Bidang Ekonomi Kabupaten Karanganyar Titis Sri Jawoto mengatakan, tempat wisata berupa jembatan kaca itu baru beroperasional selama tiga bulan. “Sedang booming, sebulan 30 ribu pengunjung,” katanya di Telkom University Bandung, Senin, 11 September 2023.

Dia mencontohkan beberapa keunggulan agrobisnis di daerahnya seperti hasil perkebunan sayur di Tawangmangu dan kopi Karanganyar di lereng Gunung Lawu. Kemudian selama dua tahun belakangan ini Karanganyar mengembangkan komoditas singkong jarak towo.

Dari laman pemerintah Kabupaten Karanganyar, kawasan wisata kebun teh Kemuning sudah tidak asing bagi para wisatawan. Wahana terbaru adalah Kemuning Sky Hills yang beralamat di Jalan Karangpandang Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Jembatan yang terbuat dari bahan kaca dipasang sepanjang 120 meter.

“Di sana juga dibangun objek wisata jembatan terpanjang kaca di Indonesia,” kata Titis.

Jembatan kaca itu berdiri dengan ketinggian 60-an meter. Lokasi itu awalnya merupakan agrowisata kebun teh. Karena telah menjadi daya tarik wisatawan sejak lama, wisata di kebun teh itu tetap dipertahankan dengan berbagai pengembangan.

Jembatan kaca itu dibuka untuk publik secara bertahap sejak akhir 2022 atau awal 2023. Saat itu pengunjung bisa secara gratis menjajal jembatan kaca setelah membayar tiket masuk lokasi wisata sebesar Rp 10 ribu. Kemuning Sky Hills pun dibangun atas kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Karanganyar, PT Rumpun Sari Kemuning, dan Lawu Group dengan luas lahan 20 hektare.

Pengelola tempat wisata di Karanganyar itu juga menyediakan kafe dan restoran, serta beberapa fasilitas untuk kegiatan luar ruang atau outdoor seperti flying foxgantole, paralayang, outbond, dan petualangan berkendara. Ketika cuaca sedang cerah, pengunjung juga disuguhi pemandangan Gunung Lawu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.