Hunian Hotel dan Villa Tabanan Diprediksi 50% Saat Nataru, Wilayah Pesisir dan Bedugul Jadi Primadona

0

ihgma.com, Tabanan –  Kunjungan wisatawan dalam perayaan Hari Natal dan Tahun Baru (Nataru) diprediksi meningkat. Selain Denpasar dan Badung yang menjadi tempat istirahat para wisatawan, Tabanan juga kemungkinan kecipratan.

Pihak PHRI Tabanan pun memprediksi kemungkinan ada 50 persen maksimal hunian untuk di Tabanan selama Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 ini. Sebagian besar, wisatawan sudah booking kamar lewat aplikasi online.

Menurut Ketua Perhimpunann Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Tabanan, I Gusti Bagus Made Damara, beberapa bulan terakhir ini akomodasi pariwisata terutama hotel di wilayah Kabupaten Tabanan sudah mulai buka seperti dilansir Bali Tribun.

Soori Bali
Soori Bali (foto: doc booking.com)

 

Sebagian besar dari mereka telah memasarkan produk atau tempatnya melalui online travel.

Dia melanjutkan, jika memang benar Bali bakal kedatangan 30.000 wisatawan domestik pada periode Nataru tahun ini, Tabanan kemungkinan bakal kecipratan untuk hunian. Tingkat hunian villa dan hotel di Tabanan diprediksi maksimal 50 persen dari biasanya.

“Kunjungan diperkirakan dalam hari-hari terakhir baik melalui perjalanan udara dan darat sekitar 30.000 yang masuk Bali. Sehingga, beberapa hotel dan villa mulai ada penghuninya,” kata Bagus Damara saat dikonfirmasi, Jumat 24 Desember 2021.

Damara meneruskan, sebelumnya target market dari akomodasi pariwisata yakni hotel dan villa di Tabanan adalah wisawatan asing. Kemungkinan saja, pada Nataru tahun ini tingkat huniannya mencapai 50 persen.

“Untuk data pasti tiang (saya) agak kesulitan dapatkan. Namun, mengingat hotel di Tabanan umumnya target market adalah wisatawan asing, kemungkinan untuk nataru maksimal hunian 50 persenlah,” ungkapnya.

Disinggung mengenai wilayah yang menjadi incaran para wisatawan di Tabanan, Bagus Damara menyebutkan sebagian besar wisatawan yang akan ke Bali terlebih dahulu melihat review pengunjung yang menggunakan akomodasi tersebut.

Jika di Tabanan, akomodasi pariwisata yang akan ramai seperti di wilayah Megati, Kecamatan Selemadeg Timur, Pantai Kelating Kecamatan Kerambitan, Yeh Gangga Kecamatan Tabanan. Kemudian ada Tanah Lot, Pantai Nyanyi, dan Pantai Kedungu di Kecamatan Kediri. Termasuk juga di daerah Bedugul Kecamatan Baturiti.

“Jadi secara umum mereka (wisatawan) booking kamar melalui online travel. Dan mereka kemudian melihat review pengunjung yang pernah menggunakan fasilitas hotel tersebut. Di Tabanan ada seperti di daerah Megati, Pantai Kelating, Yeh Gangga, Kedungu daerah Tanah Lot, Pantai Myanyi dan juga daerah Bedugul,” sebut pria yang juga memiliki usaha akomodasi pariwisata ini.

Dia juga berharap dengan kunjungan wisawatan ke Bali ini dapat menjadi harapan untuk menjadi lebih baik di tahun 2022 mendatang.

“Selain wisawatan domestik, semoga wisatawan mancanegara juga segera datang lagi ke Bali,” tambahnya.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.