Libur Nataru, Okupansi Hotel di Garut Capai 100 Persen

0

ihgma.com, Garut – Hotel dan tempat wisata di Kabupaten Garut tidak ada yang ditutup selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Seluruh hotel bahkan penuh.

“Okupansi ini sudah 100 persen, full Garut ini,” sebut Bupati Garut, Rudy Gunawan, Jumat (24/12) seperti dilansir Merdeka.

Rudy mengungkapkan, tidak ditutupnya tempat wisata dan hotel di Garut sesuai dengan aturan yang ditetapkan pemerintah. Namun, ia memastikan tim pemantau protokol kesehatan disiagakan di sejumlah lokasi.

Para pengelola hotel, tempat wisata, hingga kafe juga diharuskan memasang aplikasi PeduliLindungi dan pihaknya akan melakukan pemantauan langsung. “Nanti akan ada pengecekan langsung dari pihak Satpol PP selaku penegak perda, dibantu TNI-Polri di masing-masing tempat. Pokoknya, kita lakukan seperti itu,” jelasnya.

Kerahkan 1.000 Personel dan Pasang CCTV

Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono mengatakan, pihaknya menyiapkan lebih dari seribu personel gabungan lintas sektoral selama Nataru. “Total personel (kepolisian) yang dikerahkan ada 904 personel Polri ditambah dengan 500 itu dari unsur TNI, Satpol PP, Dishub dan instansi terkait dan komunitas masyarakat ikut membantu,” jelasnya.

Pihak kepolisian mendirikan setidaknya 13 pos, baik terpadu, pengamanan, hingga pelayanan. Di luar itu, mereka membantu Satpol PP saat patroli di tempat wisata, hotel, dan tempat lainnya yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

Pemerintah Kabupaten Garut, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, memasang 13 kamera CCTV untuk memantau mobilitas warga. Ke-13 kamera CCTV itu dipasang di di wilayah perkotaan, Garut Utara juga Garut Selatan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut Muksin menjelaskan bahwa 13 kamera CCTV terpasang di lokasi wisata, pasar, hingga pusat kota dan jalur utama lainnya.

“CCTV ini telah terintegrasi dan terkoordinasi dengan pihak lain. Salah satunya, CCTV ini bisa digunakan untuk kepentingan keamanan, ketertiban oleh Polres Garut. Rekaman CCTV ini juga bisa diakses oleh masyarakat melalui aplikasi MCity yang merupakan aplikasi Smart City,” jelasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.