Gubernur Koster Ajak Pelaku Wisata di Bali Mulai Lupakan Turis Asing, Oh My God

0

ihgma.com, Denpasar – Harapan publik Bali terhadap bangkitnya geliat pariwisata wisatawan mancanegara (wisman) dalam waktu dekat, tampaknya, pupus sementara.

Setelah melihat realita yang berkembang, Gubernur Bali Wayan Koster akhirnya mengajak pelaku pariwisata di Bali menepikan sementara keinginan melayani turis asing. Potensi lonjakan wisatawan domestik (wisdom) yang tengah terjadi saat ini hingga beberapa bulan ke depan sangat layak untuk digarap optimal.

Hal tersebut ditegaskan Gubernur Koster saat sesi konferensi pers yang digelar secara mendadak Sabtu (18/12) sore kemarin sekitar pukul 18.00 Wita di rumah jabatan gubernur, Denpasar seperti dilansir Bali JPNN.com.

Merespons makin gencarnya gelombang protes para pelaku pariwisata yang tergabung dalam Forum Bali Bangkit, Koster memastikan tak akan ada wisman yang berkunjung ke Bali dalam waktu dekat.

“Persoalannya itu bukan di Indonesia, bukan di Bali, tetapi di negara-negara lain yang mengalami lonjakan kasus Covid-19,” tegas Gubernur Koster.

Dijelaskan, kendati jalur internasional menuju Bali sudah dibuka sejak 14 Oktober 2021, perkembangan Covid-19 di banyak negara di dunia sangat dinamis dan cenderung meningkat. “Bahkan, ada beberapa negara yang lockdown.

19 negara yang kita buka, beberapa di antaranya memperketat perjalanan warganya keluar negeri,” jelas Gubernur Koster.

Ia mencontohkan negara Australia yang saat ini masih menutup negaranya dari kunjungan warga negara asing. Padahal, Negeri Kangguru ini termasuk primadona wisman di Bali.

“Banyak negara yang melarang warganya bepergian ke luar negeri, jadi tidak memungkinkan mereka berwisata ke luar negeri (Indonesia-Bali, Red,” tutur Politisi PDIP asal Buleleng ini.

Koster juga berharap agar varian baru Covid-19 Omicron tidak makin berdampak luas yang berpotensi menambah panjang daftar loyonya geliat pariwisata internasional di Bali.

“Kemarin Bapak Presiden sudah umumkan, varian Omicron sudah masuk di 88 negara di dunia. Kita berharap tidak berdampak luas,” ucapnya lirih.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.