Fresh Graduate Pariwisata Kian Bertambah, Loker Housekeeping Masih Jadi Incaran Anak Muda Bali

0

ihgma.com – Lapangan pekerjaan housekeeping dengan Bali yang terkenal akan destinasi pariwisatanya sangat berkaitan.

Terlebih sudah banyak jumlah hotel, villa atau akomodasi menginap lainnya dibangun di Bali yang tentunya sangat membutuhkan tenaga housekeeping.

Untuk lebih mengetahui bagaimana kondisi housekeeping saat ini, Indonesia Housekeeper Association (IHKA) Bali adakan International Housekeepers Conference & Exhibition di Hotel Prime Plaza Sanur, Jumat 28 Juni 2024.

Acara ini dihadiri peserta dari Bali sebanyak 335 orang, ditambah peserta dari luar Bali yakni dari Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, NTB, dan empat Negara dari Asia yakni Malaysia, Thailand, Vietnam, dan India.

Indonesia Housekeeper Association (IHKA) Bali adakan International Housekeepers Conference & Exhibition di Hotel Prime Plaza Sanur pada, Jumat 28 Juni 2024 - Fresh Graduate Pariwisata Kian Bertambah, Loker Housekeeping Masih Jadi Incaran Anak Muda Bali tribun bali/ni luh putu wahyuni sari
Indonesia Housekeeper Association (IHKA) Bali adakan International Housekeepers Conference & Exhibition di Hotel Prime Plaza Sanur pada, Jumat 28 Juni 2024 – Fresh Graduate Pariwisata Kian Bertambah, Loker Housekeeping Masih Jadi Incaran Anak Muda Bali Foto: tribun bali/ni luh putu wahyuni sari

Total keseluruhan peserta yang ikut berjumlah 500 orang lebih.

“Ini adalah acara tahunan IHKA Bali untuk semua Housekeeper di Indonesia khususnya di Bali tapi pada kesempatan yang baik ini kami undang sampai ke Asia untuk hadir. Sehingga kita namai Internasional Housekeeper Conference,” jelas, I Gede Cahaya Adi Putra, Ketua IHKA BPD Bali seperti dikutip dari Tribun Bali.

Sebelumnya, Gede Cahaya mengatakan, ia sempat menjadi Guest Lecture di beberapa kampus, dan menurutnya peminat untuk menjadi pekerja di sektor pariwisata sangat banyak.

Salah satu kampus tahun ini, kata Gede Cahaya, dapat menembus 2.500 mahasiswa lulusan kepariwisataan.

Jadi pariwisata Bali diyakini Gede Cahaya dengan adanya fresh graduate semakin berkembang, karena di luar negeri lowongan sektor pariwisata semakin berkembang dan sangat menjanjikan.

“Persaingan pada saat ini sangat kompetitif karena siapapun dapat datang ke Bali, tetapi saya yakin local pride harus ada, makanya kita turut serta mengangkat kearifan lokal. Kita konsep Tri Hita Karana, Parayangan, Pewongan, Palemahan, jadi tiga unsur ini selalu kita tunjukan ke member bahwa IHKA Bali tidak hanya bekerja tapi harus sadar dengan lingkungan dan pertumbuhan,” imbuhnya.

Ia juga mengatakan, memang pekerja housekeeping di Bali tidak 100 persen kembali menjadi pekerja housekeeping setelah Pandemi Covid-19.

Beberapa dari mereka ada yang menjadi entrepreuner dan supplier, walaupun kecil namun dapat membantu operasional pariwisata.

“Kalau minat berkurang menjadi housekeeper tidak karena mahasiswa semakin bertambah untuk di pariwisata,” tutupnya.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.