Destinasi Wisata Bali, Harga Tiket Masuk Terbaru Taman Wisata Tirta Gangga Karangasem

0

ihgma.com – Destinasi Wisata Bali tidak hanya terkenal dengan pantainya saja, wisata dengan pemandangan kemegahan ornamen kerajaan bisa menjadi alternatif baru.

Bali Timur juga tak kalah indah untuk dijadikan tempat berwisata bersama keluarga. Objek wisata yang terkenal di  Karangasem salah satunya, yakni Taman Wisata Tirta Gangga. Taman Air Tirta Gangga berlokasi di Jalan Raya Abang Desa Adat, Ababi, Kecamatan Abang, Kabupaten  Karangasem, Bali seperti dilansir Tribun Bali.

Tirta Gangga merupakan satu situs bersejarah di Bali yang dibangun oleh Raja  Karangasem pada 1946. Taman Wisata Tirta Gangga dekat dengan sejumlah hotel dan tempat sewa motor di Bali.

Berikut Atraksi Menarik di Taman Wisata Tirta Gangga Karangasem :

1. Kolam yang dihiasi patung dan ornamen batu

Tirta Gangga memiliki kolam ais yang luas. Kolam ini terlihat cantik dengan patung-patung dan ornamen batu. Menariknya, pengunjung bisa berjalan melewati ornamen batu.

Keindahan dari kolam ini sering dmanfaatkan wisatawan untuk mengabadikan foto. Menariknya dari Tirta Gangga, kamu bisa menyaksikan Gunung Agung dengan jelas.

2. Kompleks bangunan bertabur arca hingga kolam

Taman Wisata Tirta Gangga memiliki luas sekira 1,2 hektar. Di dalamnya kamu akan menemukan sejumlah kolam, arca, mata air, hingga tanaman.

Perlu kamu tahu, Taman Wisata Tirta Gangga dibangun oleh Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem pada 1946.

Taman Wisata Tirta Gangga tak cuma sebagai tempat wisata, namun juga merupakan tempat ibadah. Tirta memiliki arti air dan Gangga merupakan sungai suci bagi umat Hindu di India.

Taman Wisata Tirta Gangga terkebal dengan mata airnya yang bersih dan jernih. Mata air di Tirta Gangga sering dimanfaatkan untuk air minum dan air suci yang disakralkan menurut umat Hindu.

3. Kolam renang

Taman Wisata Tirta Gangga juga memiliki kolam renang. Air di kolam renang ini jernih dan berasal dari mata air alami pegunungan sekitarnya.

Kolam renang di Taman Wisata Tirta Gangga sering dimanfaatkan untuk anak-anak maupun orang dewasa. Fasilitas di Taman Wisata Tirta Gangga cukup lengkap. Dari area parkir yang luas, toilet, penginapan hingga tempat makan. Tirta Gangga buka mulai 07.30-18.30 WITA.

Harga tiket masuk Taman Wisata Tirta Gangga Terbaru Tahun 2023

Harga tiket masuk Tirta Gangga cukup terjangkau. Rp 15 ribu untuk anak-anak dan Rp 25 ribu buat dewasa.

Sementara itu buat tiket masuk kolam renangnya Rp 10 ribu.

Sejarah Taman Air Tirta Gangga

Dikutip melalui tourism.karangasemkab.go.id Destinasi Wisata Bali Taman Air Tirta Gangga berasal dari kata Tirta yang artinya air suci dan Gangga adalah salah satu sungai di India yang juga disucikan.  Secara harfiah berarti air suci dari sungai Gangga, ini bentuk penghormatan kepada masyarakat Hindu

Tirta Gangga dahulunya merupakan taman air milik Kerajaan Karangasem yang dibangun oleh Raja Karangasem, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung pada tahun 1946. Terdapat tiga bangunan yang menjadi dominasi karakter di Taman Air Tirta Gangga yakni patung, bangunan kolam dan areal perkebunan.

Bahkan Semua bangunan di Tirta Gangga memiliki makna tersirat di dalamnya. Destinasi Wisata Bali ini sangatlah cocok, Kondisi alam Taman Air Tirta Gangga sangatlah sejuk. Destinasi Wisata Bali ini terletak di kaki Gunung Agung.

Keasrian dan kesejukan lokasinya membuat tribunners nyaman dan betah untuk berlama-lama mengunjungi objek wisata ini. Perjalanan dari Kota Denpasar membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam.

Dari Kota Denpasar akan melewati Jalan Prof. Dr. Ida Bagus Mantra untuk menuju Taman Air Tirta Gangga  Karangasem, transportasi menuju  Destinasi Wisata Bali tersebut bisa menggunakan sepeda motor juga mobil dan usahakan datang lebih awal karena menghindari keramaian pengunjung.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.