10 Hotel di Labuan Bajo Terima Anugerah Award Hotel Berkelanjutan 2021

0

ihgma.com, Labuan Bajo – Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), menggelar Penganugerahan Hotel Berkelanjutan (Lingko Award) Tahun 2021.

Acara dilaksanakan di Hotel Jayakarta Labuan Bajo, Kamis (23/12/2021). Lingko Award merupakan bentuk pemberian penghargaan terhadap hotel-hotel yang menerapkan prinsip-prinsip pariwisata berkelanjutan yang meliputi aspek pengelolaan hotel, manfaat ekonomi, pelestarian budaya, dan aspek konservasi lingkungan.

Segala proses dan tahapan kegiatan sudah dilaksanakan dengan baik mulai dari seleksi administrasi, self-assessment online atau penilaian mandiri dan kegiatan visitasi atau kunjungan penilaian langsung yang dilakukan Tim Assessor Lingko Award 2021.

Ilustrasi Gili Trawangan
Ilustrasi: Gili Trawangan Lombok (credit: homeiswhereyourbagis)

 

Proses penilaian bersama Tim sekretariat dan Tim Assessor Lingko Award 2021 telah menetapkan Hotel-hotel yang menerapkan prinsip-prinsip Pariwisata Berkelanjutan di Kabupaten Manggarai Barat Tahun 2021.

Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi mengatakan, pariwisata berkelanjutan menjadi prinsip pembangunan industri pariwisata di kabupaten Manggarai Barat.

Menurut dia, prinsip-prinsip periwisata berkelanjutan wajib dilakukan seluruh industri pariwisata, termasuk hotel untuk memberikan dampak ekonomi, sosial, dan lingkungan yang baik bagi kelangsungan masa depan.

“Hotel tidak sekedar tempat untuk beristirahat, tetapi juga bertanggung jawab atas keberlanjutan lingkungan,” kata Edistasius seperti dilansir Kompas.com, Minggu (26/12/2021).

Ia melanjutkan, sarana akomodasi yang ramah lingkungan dan ramah sosial menjadi konsep yang digalakkan pemerintah daerahnya saat ini.

Mandalika Lombok
Ilustrasi Mandalika Lombok (Photo: labuanbajotour)

 

Ia menjelaskan, kini Pemkab Manggarai Barat memiliki program pemberian penghargaan kepada akomodasi yang menerapkan konsep ramah lingkungan yaitu anugerah Linko Award.

Anugerah itu merupakan salah satu upaya daerah ini untuk memastikan kualitas operasional pengelolaan hotel dan akomodasi di labuan Bajo dan Manggarai Barat sejalan dengan prinsip pariwisata berkelanjutan.

Untuk diketahui ada 10 hotel yang mendapat penghargaan Lingko Award untuk kategori berbintang yaitu Sudamala Resort Komodo, Seraya Komodo Resort, Puri Sari Beach Hotel, Luwansa Beach Resort, Exotic Komodo Hotel.

Kemudian untuk kategori Non Berbintang yaitu Golo Hill Top, Hotel Kalton, L Bajo Hotel, Green Hill Boutique Hotel, Centro Bajo Hotel.

Leave A Reply

Your email address will not be published.