Indonesia, Negara Destinasi Diving Terbaik 2021 Versi Dive Magazine

0

ihgma.com – Indonesia menjadi destinasi diving terbaik di dunia, versi majalah scuba diving Dive Magazine. Selain Indonesia, sembilan negara lainnya masuk ke dalam daftar Dive Travel Awards 2021. Penilaian diberikan oleh para pembaca hingga para penyelam profesional.

Negara yang masuk dalam daftar antara lain Indonesia, Mesir, Malaysia, Maldives, Meksiko, Filipina, Fiji, Kepulauan Solomon, Galapagos, dan Thailand.

Melansir Kompas, berikut tiga besar negara destinasi scuba diving terbaik di dunia yang masuk daftar Dive Travel Awards 2021. Indonesia

Indonesia dipilih sebagai negara destinasi diving terbaik dunia setiap kali DIVE Travel Awards diadakan.

Tidak hanya mendominasi pemungutan suara untuk tujuan diving terbaik, namun Indonesia juga dipandang sebagai pusat menyelam dan memiliki resor hingga kapal layar yang dihormati dalam berbagai kategori.

Ilustrasi menyelam di Gili, Lombok, Nusa Tenggara Barat
Ilustrasi menyelam di Gili, Lombok, Nusa Tenggara Barat.(SHUTTERSTOCK/fenkieandreas)

 

Sebagai negara kepulauan tropis dengan jumlah garis pantai terpanjang ketiga di dunia, Indonesia menawarkan beragam aktivitas penyelaman yang luar biasa. Salah satu spot menyelam yang terkenal adalah Raja Ampat, wilayah dengan keanekaragaman hayati paling tinggi di dunia.

Hal itu menjadikan Raja Ampat sebagai destinasi individu yang paling banyak disebut dalam Dive Travel Awards. Berikutnya adalah Pulau Sulawesi dengan dua spot diving unggulan, yakni Taman Nasional Bunaken Sulawesi Utara dan Taman Nasional Wakatobi di Sulawesi Tenggara.

Di sisi lain, Bali dan Kepulauan Nusa juga menawarkan beberapa spot menyelam terbaik dengan keunikan spesies pari manta. Kepulauan Gili juga menawarkan beberapa aktivitas menyelam dan pelatihan rekreasi menyelam paling santai di Indonesia, dengan Gili Trawangan menjadi kiblat selam teknologi dalam beberapa tahun terakhir.

Bila ingin merasakan sensasi melihat bangkai kapal, kita juga bisa pergi ke Tulamben, Bali yang merupakan spot penyelaman terbaik untuk melihat bangkai kapal, di dunia.

Mesir

Mesir menjadi destinasi diving terbaik kedua yang masuk dalam daftar Dive Travel Awards 2021. Laut Merah Mesir tercatat memiliki lebih dari 400 spesies karang, beberapa ratus spesies ikan (20 persen di antaranya adalah spesies endemik), dan pemandangan terumbu karang yang menakjubkan.

Ras Mohammed berlokasi di Laut Merah dan Teluk Aqaba, yang tidak diragukan lagi menjadi salah satu situs menyelam terbaik di dunia. Ada pula SS Thistlegorm yang dianggap sebagai kapal karam paling populer di Laut Merah.

Ilustrasi menyelam di Ras Mohammed.
Ilustrasi menyelam di Ras Mohammed.(SHUTTERSTOCK/Kristina Vackova)

 

Giannis D, Chrisoula K, Dunraven, dan Salem Express juga sangat direkomendasikan sebagai destinasi diving bangkai kapal di Mesir yang dapat diakses oleh para penyelam.

Malaysia

Penyelaman terbaik di Malaysia ditemukan di Sabah, yang berbatasan dengan pulau Kalimantan. Ada juga sejumlah pulau di lepas pantai timur Semenanjung Malaya dengan resor menyelam bintang 5 yang mewah dan menawarkan kenyamanan.

Keindahan bawah laut ini membuat Malaysia berada pada peringkat ketiga negara destinasi diving terbaik 2021.

Ilustrasi menyelam di Sipadan, Malaysia.(SHUTTERSTOCK/Simon Shin kwangsig)
Ilustrasi menyelam di Sipadan, Malaysia.(SHUTTERSTOCK/Simon Shin kwangsig)

 

Spot selanjutnya ialah Sipadan. Pulau ini kabarnya telah menarik perhatian penyelam internasional sejak film dokumenter Ghost of the Sea Turtle pada 1989.

Antara bulan Maret – Juli, pengunjung berpeluang melihat kumpulan hiu martil bergigi di area tersebut. Pulau berikutnya yang paling populer sebagai spot menyelam di Semenanjung Malaysia ialah Pulau Redang.

Ada banyak karang lunak, serta spesies ikan dan kura-kura yang dapat ditemui oleh penyelam.

Negara destinasi diving terbaik lainnya

Selain Indonesia, Mesir, dan Malaysia yang menempati posisi tiga besar negara destinasi diving terbaik dunia, Dive Travel Awards 2021 juga memasukkan Maldives, Meksiko, Filipina, Fiji, Kepulauan Solomon, Galapagos, dan Thailand ke dalam daftar.

Diving Di Mexico
Ilustrasi menyelam di Isla Revillagigedos, Meksiko.(SHUTTERSTOCK/haveseen)

 

Maldives, misalnya, memiliki beberapa spot diving populer, seperti Atol Lhaviyana dan South Ari Atoll.

Di South Ari Atoll disebut banyak stasiun pembersihan dan pemberian makan manta. Kemudian ada Filipina yang dianggap sebagai destinasi diving yang sangat menarik, mudah diakses, variatif, dan bernilai tinggi di Segitiga Terumbu Karang.

Sementara di Fiji, para penyelam berkesempatan untuk bertemu dengan tujuh spesies hiu langka di dunia, sembari menikmati keindahan terumbu karang.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.