Wisatawan Indonesia Sumbang Rp 25 Triliun untuk Pariwisata Singapura pada 2023

0

ihgma.com – Singapura masih menjadi tujuan favorit wisatawan Indonesia untuk liburan ke luar negeri. Menurut Singapore Tourism Board (STB) Indonesia menyumbang 2,3 juta wisatawan sepanjang 2023, tertinggi secara global.

“Dari jumlah itu menghasilkan penerimaan pariwisata 2,2 miliar dolar Singapura (sekitar Rp 25 triliun),” kata Executive Director Southeast Asia International Group Singapore Tourism Board, Terrence Voon,seperti dikutip dari kumparan.

Namun angka tersebut masih lebih rendah dari kunjungan wisatawan Indonesia ke Singapura sebelum pandemi. Pada 2019, total kunjungan wisatawan Indonesia mencapai 3,1 juta.

“Tahun 2024 kita harap lebih besar dari tahun 2023,” tambah Terrence.

Clarke Quay after sunset, popular nightlife district of Singapore
Clarke Quay after sunset, popular nightlife district of Singapore. Foto: dreamstime.com

Jakarta, Surabaya dan Kepulauan Riau menjadi kota penyumbang wisatawan terbesar untuk Singapura. Terrence menambahkan bahwa Indonesia merupakan pasar yang penting bagi STB, dan lewat kampanye ‘Made in Singapore’, mereka akan berusaha menjadi tujuan wisata yang unik dan nyaman bagi masyarakat Indonesia yang beragam, termasuk komunitas muslim.

“Banyak wisata ramah muslim dan kami terus menambah atraksi baru,” ujar Manager Indonesia International Group STB, Indriati Permanasari saat ditemui di Hotel Fairmont.

Bird Paradise menjadi salah satu atraksi baru yang unik di Singapura. Taman burung yang diklaim terbesar di Asia ini berdiri di atas lahan 17 hektare dengan ribuan spesies burung. Selain itu ada ‘Harry Potter: A Forbidden Forest Experience’ yang berada di Sentosa dan menjadi yang pertama di Asia Pasifik, serta Sentosa Sensoryscape yang memukau.

Yang tak kalah menarik akan ada Disney Cruise Line yang akan menjadi satu-satunya kapal pesiar Disney yang berlabuh di Asia. Saat ini kapal bernama Disney Adventure dengan kapasitas 4 ribu hingga 5 ribu orang itu masih dalam tahap pembangunan di Eropa dan akan berlayar akhir 2025 mendatang.

Berikut beberapa atraksi menarik lainnya yang akan datang di Singapura:

– Impressions of Monet (12 Juli-17 September 2024) di Garden by the Bay.

– The World of Studio Ghibli (Oktober 2024) di Artscience

⁃ Singapore Oceanarium (Resort World Sentosa 2025)

⁃ Minion Land (Universal Studio 2025)

⁃ Disney Cruise Line (2025)

Leave A Reply

Your email address will not be published.