Tur Wisata Budaya di Jakarta Akan Digelar Lagi

0

ihgma.com – Tur wisata budaya di Jakarta direncanakan akan diadakan kembali, setelah sempat terhenti akibat pandemi Covid-19. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun bekerja sama dengan Kedutaan Besar Belanda untuk aktivitas ini.

“Ya, kemarin malam bertemu dengan pihak Kedutaan (Besa) Belanda mereka antusias membahas tur wisata budaya ini,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Iwan H Wardhana, dilansir Kompas  dari Antara, Selasa (21/11/2023).

Bisa ke museum atau tempat ibadah

Iwan menyampaikan, aktivitas ini akan terdiri dari dua paket yaitu Tur Walking in City dan Wara-wiri Wisata Religi.

Untuk Tur Walking in City, wisatawan nantinya bisa menyambangi sejumlah tempat bersejarah, antara lain Museum Nasional, Museum Sejarah Jakarta (Museum Fatahillah), dan Museum Arkeologi Onrust.

Suasana Kota Tua Jakarta saat senja jelang malam hari(Shutterstock/Leonid Andronov)
Suasana Kota Tua Jakarta saat senja jelang malam hari(Shutterstock/Leonid Andronov)

Tur ini akan berdurasi sehari penuh setiap hari Minggu. Wisatawan yang ikut tur juga akan didampingi pemandu dari Dinas Kebudayaan dan pihak Kedutaan Besar Belanda.

“Mudah-mudahan resminya akan dimulai pada bulan Desember 2023,” tuturnya.

Sementara itu, Wara-wiri Wisata Religi akan meliputi sejumlah tempat ibadah dan tempat wisata religi di Ibu Kota.

Adapun paket ini akan dikelola oleh setiap Suku Dinas Kebudayaan dan Pariwisata di kota-kota administrasi yaitu Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, dan Jakarta Selatan.

Di Jakarta Timur, Iwan memberi contoh, terdapat sejumlah tempat wisata religi, antara lain Wihara Amurya Bumi, Pura Aditya Jaya, Gereja Santo Yoseph, dan Masjid Jami Assalafia.

Berbeda dengan paket Wara-wiri Wisata Religi sebelumnya, paket kali ini akan lebih ditujukan ke kalangan pelajar dan mahasiswa Tanah Air.

“Harapannya melalui kegiatan ini anak muda kita bisa mengenal lebih jauh tentang budaya dan sejarah Jakarta-Belanda dan bisa melihat Jakarta sebagai pusat peradaban besar di Nusantara,” jelasnya.

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.