Sejumlah Pekerja Hotel Maya Ubud Gelar Unjuk Rasa

0

ihgma.com, Gianyar – Sejumlah karyawan Hotel Maya Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali menggelar aksi unjuk rasa di depan Hotel Maya Ubud, Jumat 31 Desember 2021.

Demontrasi ini menuntut terkait transparansi gaji yang dipotong secara sepihak oleh pihak manajemen hotel. Selain itu, mereka juga meminta agar mendapatkan kebebasan dalam membentuk serikat pekerja.

Pantauan Tribun Bali di lapangan, massa aksi berjalan kaki dari jarak puluhan meter untuk menuju hotel.Mereka membentangkan spanduk yang berisikan protes.

Demontrasi tersebut berjalan sesuai dengan protokol kesehatan covid-19, yakni memakai masker dan jaga jarak. Demontrasi ini pun berjalan kondusif hingga aksi berakhir.

Maya Ubud
Sejumlah karyawan Hotel Maya Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali menggelar aksi unjuk rasa di depan Hotel Maya Ubud, Jumat 31 Desember 2021 . Tribun Bali/Badrun

 

Poin-poin yang disampaikan dalam demontrasi tersebut di antaranya, para pekerja protes lantaran pekerjaan dalam sejak setahun lebih ini, kerja full dalam sebulan hanya digaji 50 persen, Tunjangan Hari Raya (THR) tahun 2021 tidak dibayarkan, dan, uang Bantuan Subsidi Upah (BSU) dari pemerintah diklaim diambil oleh pihak manajemen.

Orator aksi, I Dewa Made Rai Budi Darsana, yang juga selaku Sekretaris Regional Federasi Serikat Pekerja Mandiri (FSPM) Bali, dari atas mobil pickup melontarkan sejumlah tuntutan para pekerja Hotel Maya Ubud. Di antaranya, menekankan upah layak, mempertanyakan pemberhentian pekerja tanpa alasan.

“Hari ini dan seterusnya, kami akan melakukan perlawanan terhadap yang tidak setuju dengan pembentukan serikat pekerja,” ujarnya.

Kata dia, keberadaan serikat pekerja sangat penting dalam perusahaan. Sebab akan menjadi wadah karyawan untuk menuntut hak yang seharusnya diterima.

Serikat juga akan menghapus diskriminasi pekerja. “Serikat ada untuk melindungi pekerja dari diskriminasi,” tandasnya.

Namun demonstrasi tersebut tidak berlangsung lama. Sebab pihak manajemen hotel langsung mendatangi para pendemo.  Kuasa Hukum Hotel Maya, Dewa Adi mengatakan, pihak manajemen agar mengatur pertemuan dengan pihak demonstran.

Namun saat ini, pihaknya telah menampung semua aspirasi dari demonstrasi dan mengatakan, apa yang terjadi saat ini hanyalah miskomunikasi.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.