Sandiaga Uno Harapkan Event Festival Sriwijaya dapat Tingkatkan Minat Wisatawan ke Palembang

0

ihgma.com, Jakarta – Palembang -Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi atas lolosnya Festival Sriwijaya yang ke-32 ke dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 yang akan diselenggarakan oleh Kemenparekraf di berbagai daerah di Indonesia

“Saya mengapresiasi pemerintah Provinsi Sumatera Selatan serta semua pihak yang telah berkolaborasi. Sehingga Festival Sriwijaya pada tahun ini, kembali lolos dalam Karisma Event Nusantara 2024,” kata Sandiaga Uno melalui video unggahan Instagram Festival Sriwijaya pada Sabtu, 15 Juni 2024.

Festival Sriwijaya ke-32 ini diketahui adalah event tahunan yang diselenggarakan oleh pemerintah Provinsi Sumatera Selatan yang akan segera digelar pada 20-23 Juni mendatang. Event ini digelar dalam rangka memperkenalkan budaya Kerajaan Sriwijaya, sekaligus memperingati hari jadi Kota Palembang ke-1341 tahun yang jatuh pada 17 Juni 2024.

Sandiaga Uno mengatakan, Festival Sriwijaya yang akan melibatkan banyak seniman, pelaku ekonomi kreatif ini. Ia berharap ajang ini menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan yang hendak berkunjung ke Palembang.

“Saya berharap penyelenggaraan event ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Provinsi Sumatera Selatan, serta memberikan dampak nyata untuk masyarakat, khususnya pelaku industri menengah. Mari datang dan saksikan event ini,” kata Sandiaga Uno seperti dikutip dari Tempo.

Diketahui, pagelaran Festival Sriwijaya ini adalah kegiatan rutin yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Kota Palembang. Tahun ini, festival ini akan dilaksanakan di pelataran Monumen Nasional Penderitaan Rakyat atau Monpera yang berada di samping Benteng Kuto Besak atau di depan Masjid Agung Palembang.

Festival ini diadalan dalam rangka untuk mengenal kembali nilai-nilai tradisi kejayaan Kerajaan Sriwijaya, usai bertambahnya usia Kota Palembang yang menjadi kota tertua di Indonesia. Tema yang akan diangkat dalam festival ini adalah The Spirit of Sriwijaya yang akan diikuti oleh 17 Kabtupaten/Kota di Sumatera Selatan.

Untuk kegiatannya sendiri, akan ada banyak penampilan seni yang akan dihadirkan dalam festival ini. Biasanya akan ada pertunjukan seni atau yang dinamakan Gelar Budaya dari daerah yang ada di Sumatera Selatan. Tak hanya itu saja, nantinya festival ini juga akan melibatkan pelaku ekonomi kreatif yang akan menjajahkan produk-produk lokal.

Leave A Reply

Your email address will not be published.