Sandi Klaim Dapat Investasi Rp5,3 T di IKN, Ini Sosok Investornya

0

ihgma.com, Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengungkapkan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, baru saja mendapatkan “rezeki nomplok” Rp5,3 triliun dari dua investor Indonesia.

Sandi, sapaan akrab Sandiaga Uno, mengatakan, Pakuwon Group dan Jambuluwuk Hotels & Resorts baru saja menyepakati komitmen investasi bidang pariwisata dan ekonomi kreatif dengan total nilai Rp5,3 triliun.

“Ada komitmen investasi parekraf di IKN yang telah hadir. Ini kita jaring melalui International Tourism Investment Forum 2023 dan untuk IKN sendiri ada Rp5,3 triliun,” ujar Sandi dalam temu media di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta seperti dikutip dari CNBC Indonesia, Kamis (14/3/2024).

Secara perinci, Sandi mengungkapkan investasi sebesar Rp5,3 triliun untuk ibu kota baru Indonesia itu berasal dari Pakuwon Group yang menanam dana sebesar Rp5 triliun dan Jambuluwuk Hotels & Resorts sebesar Rp300 miliar.

Foto: Sandiaga Uno. (Dokumentasi Kemenparekraf)
Foto: Sandiaga Uno. (Dokumentasi Kemenparekraf)

“Dan akan terus bertambah,” ungkap Sandi.

Sebagai informasi, pada November 2023 lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembangunan superblok milik PT Pakuwon Jati Tbk. yang terdiri atas pusat perbelanjaan, kondominium, hingga hotel di IKN.

Adapun, proyek superblok Pakuwon Nusantara dengan biaya investasi Rp5 triliun ini berdiri di atas lahan seluas 7,2 hektare di Kawasan Sumbu Kebangsaan dan tepat di depan tugu ‘Titik Nol’. Dalam pembangunan fasilitas ini, Pakuwon juga menggandeng Marriott International, Four Points by Sheraton.

Sementara itu pada 17 Januari 2024 lalu, Jokowi meresmikan pembangunan atau groundbreaking Jambuluwuk Nusantara Hotel di IKN. Hotel dengan konsep modern dan Indonesian Ethnic ini disebut memiliki kapasitas kurang lebih 200 kamar sehingga memudahkan para tamu yang berkunjung ke IKN.

Sandiaga mengatakan, hotel bintang lima ini dapat digunakan para tamu upacara kemerdekaan RI pada Agustus mendatang untuk menginap di IKN.

“Kita harapkan sebelum Agustus 2024, yakni perayaan dari hari kemerdekaan kita telah memiliki hotel bintang lima di IKN,” ujar Sandi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.