Room2, Hotel Zero Karbon Pertama di Dunia

0

ihgma.com, Pembangunan bisnis perhotelan seringkali mengakibatkan dampak serius terhadap lingkungan sekitarnya. Seperti mengambil lahan pertanian, menyedot sebagian besar sumber air di tanah sehingga menyebabkan kekeringan, dan berbagai pencemaran lingkungan.

Dengan banyaknya dampak buruk yang dihasilkan, tak heran masyarakat sering mengajukan protes apabila hendak dibangun hotel di lingkungan mereka.

Melihat hal ini, salah satu hotel di London, Inggris, dibangun sebagai tanggapan atas kekhawatiran yang berkembang soal dampak perhotelan terhadap lingkungan dan iklim seperti dilansir Kumparan.

Adalah Room2 yang berlokasi di Kota Chiswick, London Barat. Hotel ini menanggapi secara serius dampak negatif yang ditimbulkan hotel terhadap lingkungan.

Mengklaim dirinya sebagai hotel zero karbon pertama di dunia, Room2 menerapkan sejumlah sistem ramah lingkungan yang totalitas. Hotel ini merancang keran kamar mandi yang bisa membatasi volume air, sehingga dapat mencegah pemborosan.

Selain itu, kap lampunya dibuat dari kaca daur ulang, bingkai cermin memanfaatkan kayu lokal, dan disediakan pula fasilitas sepeda listrik yang bisa disewa para tamu.

Semua perabotan di hotel ini didapatkan dari karya tangan seniman lokal. Ini sebagai bentuk penghargaan atas perjuangan industri sekitar, sekaligus bentuk pemberdayaan para desainer dan pengrajin lokal. Dengan memesan perabotan dari lokal akan mengurangi emisi karbon dioksida dari transportasi.

Room2 memiliki total 86 kamar. Di dalamnya disediakan dapur kecil, agar tamu bisa lebih leluasa menyiapkan makanan yang ingin mereka santap, meskipun hotel ini tetap menyediakan makanan di kafe dan restoran.

Uniknya, hotel ini memasang sensor infra merah di setiap kamar untuk memonitor pemakaian energi para tamu. Sensor ini berguna untuk memastikan tidak ada energi yang terbuang sia-sia, juga mematikan lampu dan pemanas ruangan saat ruangan kosong.

Fasilitas lainnya yang ditawarkan adalah courtyard, laundry, dan vending machine. Di courtyard, kamu bisa menikmati makan siang dengan santai, melakukan yoga, atau ngobrol santai dengan teman-teman. Dikelilingi dengan tanaman hijau yang rimbun, menambah kesegaran tempat ini.

Di bagian bawah tanah bangunan, dipasang pompa sumber panas. Pompa ini dipasang dengan menggali lubang bor sepanjang 17.200 meter ke dalam tanah. Lubang ini berfungsi untuk menyalurkan panas, dingin, dan memasok air panas hotel.

Di bagian atap, Room2 memaksimalkan pembangkit energi terbarukan dengan memasang panel surya dan menutupi atap dengan tanaman hijau untuk mendukung keanekaragaman hayati.

Dengan segala fasilitas revolusioner yang ramah lingkungan ini, Room2 mengklaim bahwa hotelnya 89 persen lebih bersih dibandingkan hotel-hotel lainnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.