Pembangunan Hotel Bintang 5 dI IKN Nusantara Sudah 30 Persen

0

ihgma.com – Fasilitas berupa akomodasi untuk wisatawan di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara masih dibangun. Saat ini persentase progres pembangunan, khususnya untuk hotel bintang lima di IKN sudah mencapai 30 persen.

“Lima hotel bintang lima sedang dibangun, termasuk Hotel Nusantara, sudah 30 persen progresnya, ” kata Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan pemberdayaan masyarakat, Alimuddin dalam program The Weekly Brief with Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta seperti dikutip dari Kompas, Rabu (10/1/2024).

Selain itu, tambahnya, juga ada satu hotel bintang empat yang juga masih dalam tahap pembangunan. Ia menegaskan bahwa progres pembangunan akomodasi di IKN ini merupakan salah satu bentuk jawaban dari keraguan masyarakat terhadap keberadaan IKN.

“Jadi untuk keragu-raguan itu (keberadaan IKN) akan terjawab nanti pada 2024/2025, ” katanya.

 Ilustrasi. 5 hotel bintang lima sedang di bangun di IKN Nusantara, ada yang progresnya sudah capai 30 persen doc: WSBP
Ilustrasi. 5 hotel bintang lima sedang di bangun di IKN Nusantara, ada yang progresnya sudah capai 30 persen doc: WSBP

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa proses groundbreaking atau peletakan batu pertama untuk pembangunan Hotel Nusantara dilakukan oleh Presiden Joko Widodo di kawasan IKN pada Kamis (21/9/2023).

“Untuk akomodasi di IKN, ada pembangunan Hotel Nusantara. Investasinya Rp 20 triliun, groundbreaking dilaksanakan pada 21 September 2023, target operasinya (selesai pembangunan) Agustus 2024,” kata Sandi, Senin.

Sementara itu, kata Alimuddin, progres pembangunan fisik secara keseluruhan di IKN saat ini sudah mencapai 70 persen. Proses pembangunan akomodasi di IKN, lanjutnya, lebih mengedepankan konsep kota hutan.

Hal ini sejalan dengan prinsip wisata yang dikembangkan di sana berupa wisata hijau. Alimuddin melanjutkan, selain progres akomodasi, aspek selanjutnya yang kini tengah dibangun yakni aksesibilitas.

“Kalau hari ini dari bandara (Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan) 1 jam 45 menit (menuju IKN), Juni 2024 (waktu tempuhnya) 35 menit dengan tol bandara ke IKN, ” tutup Alimuddin.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.