Mohon Maaf! Tol Trans Jawa ke Banyuwangi Tak Tuntas 2024

0

ihgma.com, Tol Probolinggo – Banyuwangi terusan dari Tol Trans Jawa belum akan rampung sepenuhnya pada 2024 mendatang. Diproyeksikan baru sampai Probolinggo – Besuki yang bisa rampung, sedangkan Situbondo-Banyuwangi belum bisa tercapai.

“Mungkin kita selesaikan sampai Besuki, karena ini terlalu banyak permasalahan jadi 2024 kita akan tembuskan hingga Besuki,” kata Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian, dalam Rapat bersama Komisi V DPR RI, Dikutip CNBC Indonesia Jumat (16/9/2022).

Jaringan jalan tol Trans Jawa saat ini sudah menghubungkan dari wilayah Banten hingga Surabaya. Selain tol dari Pasuruan menuju Probolinggo sepanjang 45 km tengah dibangun yang sebelumnya juga masih dikejar. Dimana baru terbangun hingga Probolinggo Timur atau seksi 3. Sedangkan seksi 4 dari Probolinggo Timur – SS Gending ditargetkan kelar Desember 2022.

Saat ini tol Probolinggo – Banyuwangi saat ini masih dalam proses pembebasan lahan, dimana menurut laporan Monitoring Progres Konstruksi Jalan Tol BPJT, progresnya untuk seksi 1 dan seksi 2 atau dari Probolinggo sampai simpang susun Besuki masing-masing sudah mencapai 87% dan 21%.

Tidak selesainya ruas Trans Jawa ini sampai Banyuwangi, karena kemampuan negara yang terbatas

“Kemampuan negara untuk pembebasan lahan terbatas, dana LMAN (Lembaga Manajemen Aset Negara) terbatas, jadi kita buat lebih prioritas karena target kita sebelumnya sampai Surabaya tapi kita sudah overshoot sampai Probolinggo Timur saat ini,” katanya.

Selain masalah dana tanah, Hedy juga menjelaskan adanya permasalahan ruas yang melewati kawasan hutang lindung yang belum tuntas. Sehingga secara penyelesaian sampai Besuki sebelum 2024 itu merupakan target realistis.

“Harapan dari presiden nggak ada proyek mangkrak, kita target Semester I-2024 itu selesai, jadi kita set sampai Besuki dulu,” katanya

Leave A Reply

Your email address will not be published.