Menparekraf Sandiaga Berpesan: Semua Harus Ikut Cawe-cawe Mengelola Desa Wisata

0

ihgma.com, Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan pengelolaan desa wisata, termasuk Desa Wisata Pekunden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, harus melibatkan berbagai pihak.

Mengutip Tempo, “Semua harus cawe-cawe ikut terlibat demi kemajuan Desa Wisata Pekunden, tetapi konsepnya adalah kebersamaan dalam sebuah persatuan dan kesatuan yang dilandasi tentunya kecintaan dan NKRI ini harus dibangun bersama-sama, enggak bisa sendiri-sendiri,” kata Sandiaga di Desa Pekunden, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas, Minggu, 11 Juni 2023.

Menparekraf Sandiaga mengatakan hal itu saat meresmikan Desa Pekunden sebagai 75 Desa Wisata Terbaik, Desa Wisata Berkelas Dunia untuk Indonesia Bangkit, dan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023.

Menurut Sandiaga, Desa Pekunden memiliki banyak startup yang potensial untuk dikembangkan, antara lain startup yang berkaitan dengan kuliner, seni pertunjukan, termasuk sudah memiliki 24 homestay yang masing-masing dapat membuka lapangan kerja untuk sedikitnya empat orang.

“Jadi total ada 100 (orang) yang bekerja di ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif, ini bisa dikelola dengan konsep digitalisasi. Saya ingin mengundang teman-teman dari Desa Wisata Pekunden, khususnya kaum muda, untuk membuka peluang usaha dan peluang kerja dengan menciptakan startup yang lain,” kata Sandiaga.

Selain itu atas seizin Bupati Banyumas, kata Sandiaga, Desa Wisata Pekunden nantinya juga akan dirangkaikan dengan beberapa spot wisata yang sudah ada di Banyumas yang konektivitasnya sudah sangat mumpuni karena dijangkau dari Jakarta sangat mudah.

Dalam kunjungannya ke Desa Wisata Pekunden, Menparekraf Sandiaga berkesempatan untuk meninjau sejumlah stan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang berkembang di desa itu, salah satunya kerajinan batik.

Bahkan saat meninjau stan kerajinan batik, Menteri Sandiaga membeli lima helai ikat kepala batik warna hijau. “Yang warna hijau ada? Saya beli lima,” kata Sandiaga.

Usai meninjau stan UMKM, Menparekraf Sandiaga mengunjungi rumah produksi nopia mino (kuliner khas Banyumas) di Kampoeng Nopia, Desa Pekunden.

Leave A Reply

Your email address will not be published.