Malaysia Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan Asing di Asia Tenggara, Indonesia Peringkat Berapa?

0

ihgma.com, Jakarta – Malaysia menjadi negara di Asia Tenggara yang paling banyak dikunjungi pada 2023. Hampir 29 juta wisatawan mancanegara datang ke negara itu dan membuatnya menjadi tujuan wisata paling populer, menurut VN Express International.

Warga Singapura merupakan wisatawan asing terbesar di Malaysia dengan 8,3 juta orang, diikuti oleh warga Indonesia, Thailand, Tiongkok, dan Brunei, menurut situs berita Focus Malaysia.

Sebelum pandemi Covid-19, negara tujuan wisata populer di kawasan ini adalah Thailand. Pada 2019, kunjungan wisatawan asing di Thailand memecahkan rekor dengan jumlah 40 juta. Tahun ini Thailand menargetkan jumlah wisatawan asing sebanyak 35 juta.

Tahun lalu Thailand berada di urutan kedua dengan jumlah wisatawan asing sebanyak 28 juta orang, diikuti oleh Singapura dengan jumlah wisatawan asing sebanyak 13,6 juta orang.

Vietnam berada di urutan keempat dengan 12,6 juta kedatangan, sementara Indonesia mencatat 11,7 juta kedatangan. Filipina dan Kamboja masing-masing menarik sekitar 5,4 juta wisatawan internasional pada 2023.

Kebijakan bebas visa

Mengutip Tempo, Negara-negara Asia Tenggara berlomba untuk menarik wisatawan asing dengan kebijakan imigrasi yang fleksibel sejak akhir tahun lalu. Mulai 1 Desember, Malaysia mengizinkan masuk bebas visa selama 30 hari bagi warga negara dari Tiongkok daratan dan India, sama dengan yang dilakukan Thailand.

Mulai pertengahan Agustus, Vietnam memberikan visa turis selama tiga bulan bagi warga negara dari semua negara dan wilayah dan melipatgandakan durasi tinggal di Vietnam menjadi 45 hari bagi warga negara dari 13 negara yang dibebaskan secara sepihak dari visa.

Desember lalu, Menteri Pariwisata RI Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa pemerintah sedang mempertimbangkan memberlakukan bebas visa kepada 20 negara baru, termasuk Amerika Serikat, China, Australia, India, Korea Selatan, Jerman, Inggris, dan Prancis. Rencana ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisata.

Leave A Reply

Your email address will not be published.