Makin Terjangkau Jika Tambah Penerbangan, Harga Tiket Pesawat Jakarta-Denpasar Mulai Rp 900 Ribuan

0

ihgma.com, Mangupura- Secara siklus kunjungan wisatawan pada Agustus ini merupakan low season.

Tetapi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( Menparekraf) Sandiaga Uno yakin dengan pariwisata era baru yang lebih personalize, localize, customize fan smaller in size ini tengah merancang suatu pola.

Saat low season seperti ini beberapa insentif bisa diberikan oleh Pemerintah dengan konsep kolaborasi.

“Kita melihat bahwa peningkatan jumlah penerbangan akan mulai kita pasarkan di paruh kedua tahun ini. Saya baru saja ber-WhatsApp dengan Pak Menteri Perhubungan ada Jet Star dan beberapa maskapai lainnya yang menyatakan ingin menambah flight ke Bali. Ini kita fasilitasi dan kemarin saya berjumpa dengan CEO nya (Pemilik Jet Star), dan mereka siap untuk menambah penerbangan,” ujar Menparekraf Sandiaga seperti dilansir Bali Tribune..

Menurutnya, jika jumlah penerbangan meningkat dan jumlah ketersediaan kursi akan juga semakin bertambah, dan harga tiket akan semakin terjangkau.

“Ini kan katanya low season tapi tadi penerbangan kesini (Jakarta- Bali) full semua. Tim kami banyak yang tidak bisa ikut datang kesini karena, walaupun low season ternyata ketersediaan kursinya juga sangat terisi. Jadi kalau ditambah jumlah penerbangannya mudah-mudahan bisa menurunkan tarif,” ungkapnya.

Tingkat hunian hotel saat ini jika dilihat khusus Bali mulai dari hotel bintang lima sampai yang non bintang itu menunjukkan tren kenaikan, tetapi belum optimal penyebaran tingkat huniannya karena masih terkonsentrasi di wilayah Bali selatan tapi dengan sekarang melihat banyaknya event tentu akan meningkatkan pemerataan okupansi.

“Kami memiliki beberapa inisiatif untuk meningkatkan okupansi termasuk seperti insentif dengan penyelenggaraan event berkelas nasional maupun internasional. Dan puncaknya itu adalah world tourism day tanggal 27 September mendatang di Bali,” tambah Menparekraf Sandiaga.

Pada world tourism day 2022 itu mengundang 200 negara dari anggota UNWTO untuk hadir ke Bali merayakan bersama-sama peringatan hari pariwisata dunia di sini.

Dari data yang dihimpun Tribun Bali, tiket sejalan rute Jakarta-Denpasar periode bulan Agustus ini hingga akhir Desember berada dikisaran Rp 900 ribu hingga Rp 1,2 juta.

Sementara itu, VP Corporate Secretary & CSR Citilink Diah Suryani menyampaikan pihaknya sedang melakukan evaluasi dan kajian, yang dilakukan secara berkala terhadap seluruh penerbangan.

Termasuk pada kebijakan penetapan harga tiket pesawat dengan selalu mempertimbangkan berbagai faktor diantaranya biaya avtur, biaya operasional dan lainnya.

“Kami berkomitmen untuk menyediakan penerbangan dengan harga tiket sesuai dengan peraturan Pemerintah yakni mengacu pada aturan Tarif Batas Atas (TBA) dan Tarif Batas Bawah (TBB),” kata Diah.

Menyikapi imbauan Kementerian Perhubungan RI (Kemenhub) mengenai penerapan harga tiket yang lebih terjangkau bagi masyarakat.

Garuda Indonesia mengajak seluruh stakeholder penerbangan untuk bersama-sama fokus mengoptimalkan momentum pemulihan industri penerbangan, maupun kebangkitan ekonomi nasional dengan terus memperkuat sinergitas dalam memaksimalkan aksesibilitas masyarakat terhadap layanan transportasi udara yang aman dan nyaman.

Hal itu disampaikan Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dalam keterangan tertulisnya, Senin 8 Agustus 2022 lalu.

Irfan menyampaikan, Garuda Indonesia melihat imbauan ini sebagai pengingat bagi seluruh pelaku industri layanan transportasi udara untuk menyelaraskan langkah akselerasi kinerja dengan tetap menjaga komitmen kepatuhan terhadap aturan bisnis penerbangan, termasuk mengenai penerapan komponen harga tiket mengacu pada ketentuan dan regulasi berlaku serta secara berkesinambungan terus meningkatkan layanan transportasi udara yang berkualitas bagi masyarakat.

“Kami percaya kesadaran atas pentingnya keselarasan upaya untuk tumbuh dan pulih bersama di tengah situasi pandemi yang berkepanjangan, menjadi esensi penting guna memastikan ekosistem industri transportasi udara dapat terus bergerak maju memaksimalkan momentum pemulihan. Oleh karenanya, kiranya komitmen ini yang harus terus dijaga oleh seluruh pihak,” demikian kata Irfan.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.