Kalahkan Singapura dan Jepang, Bandara Soekarno-Hatta Masuk 10 Besar Bandara Paling Ramah Keluarga 2023

0

ihgma.com – Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng, Banten, masuk daftar bandara paling ramah untuk keluarga di dunia tahun 2023.

Temuan ini berdasarkan 10 daftar bandara paling ramah untuk keluarga dan anak di tahun 2023, menurut The Family Vacation Guide.

Sebagai informasi, dikutip dari laman resminya, Jumat (24/11/2023), The Family Vacation Guide merupakan sumber tepercaya dari Amerika Serikat yang merekomendasikan hotel, aktivitas, dan hal lainnya terkait liburan untuk keluarga.

Dari 77 bandara internasional besar di dunia, Bandara Soekarno-Hatta juga masuk daftar sebagai 10 besar bandara paling ramah keluarga dan anak.

Aspek penilaian

Ada beberapa aspek yang menjadi penilaian, yaitu ketepatan waktu penerbangan, pembatalan penerbangan, jumlah kafetaria, ragam aktivitas, dan wifi gratis.

Total atau jumlah nilai beberapa poin tersebut akan dijumlahkan, lalu dibagi 10 untuk mendapatkan persentase.

Peringkat pertama diraih oleh Mexico City Juarez International di Meksiko. Bandara ini memiliki ketepatan waktu penerbangan sampai 78 persen, tingkat pembatalan penerbangan hanya 1,3 persen, jumlah kafetaria 100, atraksi 74, dan wifi gratis.

Adapun total skor bandara peringkat pertama versi The Family Vacation Guide ini adalah sebesar 9,87.

Sementara itu, Bandara Soekarno-Hatta dari Indonesia berhasil menduduki peringkat ke-8. Bandara Soetta berhasil mengalahkan Bandara Changi Singapura dan Bandara Fukuoka di Jepang.

Indonesia mendapat nilai 61 persen untuk keberangkatan tepat waktu, tingkat pembatalan penerbangan 11 persen, kafetaria 92, atraksi 45, dan memiliki gratis wifi. Skor akhir Bandara Soetta adalah 9.08 dari 10.

Berikut Daftar 10 Bandara Ramah Keluarga di Dunia versi The Family Vacation Guide:

1. Mexico City Juarez International di Meksiko

2. JFK International Airport di New York City, AS

3. O’Hare International Airport di Illinois, AS

4. Philadelphia International Airport di Pennsylvania, AS

5. St Paul International Airport di Minnesota, AS

6. Frankfurt am Main International Airport di Jerman

7. Toronto Pearson International Airport di Kanada

8. Soekarno-Hatta International Airport di Indonesia

9. El Dorado International Airport di Kolombia

10. Changi Airport di Singapura and Fukuoka Airport di Jepang

Metodologi penilaian

Dilansir Kompas dari laman resminya, The Family Vacation Guide membuat daftar 77 bandara internasional terbesar di dunia dari GetToCentre.com.

Bandara-bandara tersebut dianalisis berdasarkan kualitasnya yang ramah keluarga, lalu melihat persentase keberangkatan dan pembatalan tepat waktu (diambil dari OAG.com).

Selain itu, dilihat juga apakah bandara tersebut menawarkan wifi gratis tanpa batas, serta berapa banyak pilihan tempat makan dan apa yang harus dilakukan (diambil dari Tripadvisor atau dari laman web bandara yang data Tripadvisor-nya tidak tersedia). Data ini disebut akurat per tanggal 20 Maret 2023.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.