Jakarta Minggir, Bogor Diam-Diam Mau Punya Trem

0

ihgma.com, Jakarta – Pemerintah Kota Bogor akan mempercepat pembangunan trem. Aturannya sedang disiapkan agar proyek trem Bogor benar-benar terealisasi dan terintegrasi dengan LRT Jabodebek nantinya.

“Pertama Pemkot Bogor sedang mempersiapkan Perwali (Peraturan Wali Kota) tentang penugasan kepada PTP (Perumda Trans Pakuan) yang nantinya kami berikan tugas, untuk memfinalisasi hasil feasibility studies yang sudah dilakukan berbagai pihak,” ungkap Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim dalam keterangan tertulis, Selasa (16/1/2024).

“Langkah berikutnya kami akan menyelaraskan percepatan pembangunan LRT ke Kota Bogor, sesuai yang disampaikan Presiden di beberapa forum. Persiapan Kota Bogor adalah mengintegrasikan moda transportasi yang jadi proyek strategis nasional itu kita integrasikan dengan trem,” imbuhnya.

Pembangunan trem Kota Bogor sangat penting untuk mendukung mobilitas masyarakat. Dedie menyebut sudah ada beberapa investor yang melirik proyek trem Kota Bogor.

Istana Bogor Foto: salsawisata.com
Istana Bogor Foto: salsawisata.com

“LRT ini sebagai pemicu pembangunan percepatan trem Kota Bogor, karena dalam Perpres 49/2017 yang menyebutkan LRT Jabodebek akan berakhir di Baranangsiang. Karena Presiden sudah menyampaikan LRT Bogor ini akan dipercepat, maka kami mencoba mencari solusi dalam waktu yang gak lama,” ucap Dedie.

Dengan adanya trem, maka fasilitas transportasi menuju Kota Bogor lengkap. Nantinya menuju Kota Bogor memiliki beragam fasilitas transportasi mulai dari LRT Jabodebek, Trans Pakuan, hingga KRL Commuter Line.

“Pemerintah pusat udah bangun double track Paledang-Sukabumi, tentu pergerakan masyarakat ini harus dipertimbangkan gak mungkin di kotanya berantakan. Makanya antara Baranangsiang, Paledang, Stasiun Bogor dan titik keramaian lain, harus diintegrasikan,” tutup Dedie.

Leave A Reply

Your email address will not be published.