Edisi ke-20 Kejuaraan Surfing Dunia Rip Curl Cup Padang-Padang, Pertama Hadirkan Event Khusus Putri

0

ihgma.com, Badung – Pada edisi ke-20 Rip Curl Cup Padang Padang pertama kalinya menghadirkan event kejuaraan khusus kaum hawa yang digelar bersamaan dengan putra.

Dengan tajuk Putri Rip Curl Cup 2023, dunia surfing bakal ditunjukkan aksi-aksi peselancar wanita dari Indonesia maupun mancanegara yang berlangsung sepanjang bulan Agustus 2023 mendatang. Putri Rip Curl Padang Padang jug menyuguhkan hadiah yang setara dengan putra, para elit tube rider putri top dunia bakal bersaing bersama putri terbaik Indonesia.

Kompetisi putra dan putri diadakan bersamaan di waktu yang sama, saat ombak Padang Padang sedang dalam kondisi terbaiknya bulan itu.

Babak kompetisi putra dan putri diatur secara bergilir, dengan final kejuaraan putri dijadwalkan berlangsung tepat sebelum final putra pada sore hari, memastikan kedua kelompok atlet memiliki kesempatan untuk tampil dalam kondisi yang ideal.

Diantara spesialis tube putri papan atas yang dipastikan ikut dalam kompetisi putri perdana di Padang Padang adalah surfer fenomenal berusia 15 tahun Erin Brooks.

Brooks mencapai final kejuaraan dan merebut tempat keempat bersaing melawan para putra tahun lalu.  Surfer kelahiran Texas yang besar di Hawaii ini siap menunjukkan kelihaiannya

“Saya sangat senang mendengar Rip Curl menghadirkan kompetisi putri pertama di Padang Padang,” kata Brooks.

“Ini adalah kesempatan luar biasa bagi surfer putri terbaik menunjukkan keahlian mereka di ombak yang luar biasa di salah satu tempat favorit saya di dunia,” imbuh dia.

Mengutip Tribun Bali, event bertajuk “Ultimate Tuberiding Contest” ini selalu dinantikan kehadirannya setiap musim. Periode penyelenggaraan Rip Curl Cup 2023 berlangsung pada 1-31 Agustus 2023.

Di antara para surfer terbaik dunia yang dipastikan menembus batas tube riding dalam mengejar gelar putra bergengsi adalah juara bertahan Clay Marzo (Haw), Kolohe Andino (AS) dan Mason Ho (Haw).  Daftar para peserta bakal diumumkan pada upacara pembukaan resmi yang diadakan di Pantai Padang Padang, pada Minggu, 30 Juli 2023.

Beberapa nama yang pernah menjuarai event ini adalah Jack Robinson (Aus), Jamie O’Brien (Haw) dan Chris Ward (USA) telah mengukir nama mereka di trofi Rip Curl Cup yang bersejarah,  Sementara itu, periode penyelenggaraan Trials Lokal Rip Curl Cup sudah berlangsung.

Trials dapat disebut ON pada hari antara pada 1-31 Juli 2023. Sebagai Top 4 yang menempatkan surfer lokal di acara utama tahun lalu, Mega Semadhi, Mega Artana, Garut Widiarta dan Mustofa Jeksen mendapatkan entri otomatis ke acara utama Rip Curl Cup 2023.

Empat spot surfer Indonesia yang tersisa akan ditentukan oleh Trials Lokal.  Mantan finalis putra dan surfer trials lokal saat ini, Betet Merta, berharap ombak besar Padang segera muncul untuk para tube rider unjuk gigi.

“Sejauh ini musim surfing sedikit aneh di Bali. Ini sudah bulan Juli dan kami masih belum mendapati ombak besar. Minggu ini kondisi seperti musim hujan di Bali dengan angin darat di Uluwatu. Tapi kami semua tahu itu bisa berubah dengan sangat cepat,” paparnya.

“Kami semua berdoa agar ombak Padang besar pertama datang bulan Juli ini, dan jika bisa mendapatkannya  untuk Trials Lokal, saya sudah terpacu untuk surfing di Padang dengan hanya tiga peselancar lainnya bisa lolos ke acara utama akan menjadi bonus,” pungjas dia

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.