Catat! 20 Destinasi Wisata Internasional Terbaik di 2022

0

ihgma.com, Jakarta – Bepergian dan liburan sekarang menjadi aktivitas yang lebih menantang dibanding sebelumnya. Syarat untuk memasuki negara lain kita tak cukup hanya dengan visa, namun juga butuh setumpuk persyaratan lainnya.

Karena banyaknya aturan tersebut, mau tak mau pelancong harus mendapatkan perjalanan wisata yang pengalaman yang memuaskan. Untuk itu, demi mendapatkan pengalaman kepuasan yang besar, dilansir CNBC Indonesia dari CNN, berikut adalah destinasi wisata internasional yang wajib untuk dikunjungi di 2022.

1. Antigua dan Barbuda

Antigua terkenal memiliki pantai yang bisa dikunjungi setiap hari dan sepanjang tahun. Adapun Barbuda terkenal sebagai salah satu tempat liburan favorit mendiang Putri Diana atau Lady Di. Aktor veteran Robert De Nirojuga diketahui memiliki resor di daerah tersebut.

Antigua dan Barbuda telah mendapatkan pengakuan atas upaya keberlanjutannya dalam beberapa tahun terakhir berkat sejumlah inisiatif hijau. Plastik sekali pakai dilarang digunakan di wilayah ini. Selain itu, hotel, resor, dan bisnis ramah lingkungan telah didirikan di pantai barat daya Antigua.

2. Kepulauan Bissagos, Guinea-Bissau

Terdiri dari 88 pulau dan hanya 23 yang berpenghuni, kepulauan ajaib yang terletak sekitar 48 kilometer di lepas pantai Guinea di Afrika barat ini sangat unik. Kepulauan Bissagos dihuni oleh masyarakat matriarkal, di mana posisi perempuan setara dengan laki-laki, yakni perempuan dapat memilih suaminya, melamar, membangun rumah sendiri dan menjalankan rumah tangga.

Di tempat ini, wisatawan dapat mengunjungi Cagar Biosfer UNESCO yang menawarkan pantai bersih, taman alam luas, dan perairan biru yang tenang. Gugusan pulau yang dapat diakses dengan perahu juga menyimpan banyak satwa liar, termasuk spesies yang dilindungi atau langka seperti buaya Nil, lumba-lumba hidung botol, dan manatee Afrika, serta sekitar 500 spesies burung.

3. Cape Breton, Nova Scotia

Terhubung ke daratan Kanada melalui jalan lintas sepanjang satu mil, Pulau Cape Breton terkenal karena pemandangannya yang indah dan situs bersejarahnya. Pulau ini memiliki luas 10.311 kilometer persegi.

Kepulauan ini menawarkan Cabot Trail, jalan raya dua jalur indah yang melintasi Taman Nasional Dataran Tinggi Cape Breton, di mana perbukitan hijau subur dan tebing merah berkarat menjulang di atas pantai berbatu; Benteng Louisbourg abad ke-18 yang pernah menjadi ibu kota koloni Prancis dan sekarang menjadi museum sejarah hidup; serta sajian kuliner, dari santapan modern hingga makan malam lobster.

Pengunjung juga dapat membenamkan diri dalam tradisi Mi’kmaq Cape Breton melalui berbagai persembahan dari lima komunitas Bangsa Pertama di pulau itu.

4. Chile

Chile memimpin dunia dalam bidang ekowisata dan surga petualangan di alam terbuka. Banyak tempat wisata yang patut dikunjungi di negara jalur panjang dan tipis antara Samudra Pasifik dan Pegunungan Andes ini.

Atacama, Chile bagian utara, adalah tempat yang wajib untuk dikunjungi. Valle de la Luna menampilkan lanskap dunia lain, formasi batuan, dan matahari terbenam yang surealis dan berwarna-warni. Berbicara tentang warna, wisatawan bisa menyaksikan flamingo berwarna merah muda cerah di Chaxa Lagoon.

Kemudian pergi lebih jauh ke selatan ke hutan belantara Patagonia. Taman Nasional Torres del Paine dianggap sebagai salah satu permata di Chile.

Organisasi Pariwisata Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa menyebutkan dua tempat Chile dalam daftar “Desa Wisata Terbaik” pada tahun 2021, yang mempromosikan pembangunan berkelanjutan. Keduanya adalah Pica, yang terkenal dengan buah jeruk dan sumber air panasnya, dan Puerto Williams, kota paling selatan di dunia.

5. Kolombo

Meskipun merupakan kota terbesar di Sri Lanka, Kolombo bukan merupakan ibu kota negara tersebut. Banyak wisatawan yang melewatkan pantai dan pulau yang indah, serta perkebunan teh di Kolombo.

Oleh karena itu, saatnya untuk memperhatikan tujuan yang sering diabaikan, termasuk rumah mendiang arsitek Geoffrey Bawa, yang kini menjadi museum mini dan wisma bernama Number Eleven. Tahun depan, Kolombo akan menghadirkan serentetan hotel baru yang menjanjikan ke kota, termasuk penginapan dari Amari, Grand Hyatt, Marriott, Sheraton, dan ITC.

Pelancong dapat memulai hari dengan mengunjungi Pasar Terapung Pettah yang bisa menjadi destinasi menarik untuk membelibuah-buahan.

6. Dijon, Prancis

Rupaya bukan Lyon yang menjadi ibukota masakan Prancis, melainkan Dijon. Kota terbesar di wilayah Bourgogne-Franche-Comté adalah campuran rumah-rumah berbingkai kayu yang megah, istana abad ke-18 yang megah, dan katedral Gotik yang menjulang, sekaligus merupakan salah satu ibu kota gastronomi Prancis

Pada Mei 2022, di kota ini akan ada pembukaan Cité Internationale de la Gastronomie et du Vin di Dijon, yaitu renovasi 70.000 meter persegi bangunan bersejarah dari abad ke-16 hingga ke-18 menjadi kompleks yang didedikasikan untuk makanan dan anggur Prancis.

Selain pembukaan itu, ada banyak alasan lain untuk memasukkan Dijon ke daftar liburan. Jelajahi kebun anggur di sekitar wilayah Burgundy-Beaune yang merupakan kota anggur kelas atas. Kunjungi pasar makanan Les Halles rancangan dari desainer menara Eiffel untuk mencicipi bahan-bahan terbaik di kawasan ini.

Selain makanan dan minuman, ada Musée des Beaux-Arts de Dijon yang menakjubkan, di mana lebih dari 130.000 karya seni disimpan di Istana Dukes of Burgundy yang bergaya neoklasik.

7. Disko Bay, Greenland

Disko Bay menawarkan gunung es yang sangat besar, gletser yang bergerak cepat, dan banyak kereta luncur anjing. Kota Ilulissat, dengan rumah-rumahnya yang berwarna-warni, merupakan tempat yang tepat untuk dijelajahi di Disko Bay karena berdekatan dengan Ice Fjord.

Fjord ini ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO karena kemegahannya yang menakjubkan dan karena studi ilmiah yang telah dilakukan di tempat itu selama 250 tahun terakhir yang membantu para ilmuwan memahami dampak perubahan iklim

Seiring berkembangnya pariwisata di Greenland, ada beberapa proyek bandara yang sedang dikerjakan, termasuk hub udara baru di Ilulissat. Tujuannya adalah untuk memudahkan pelancong internasional menjelajahi negara yang indah di tahun-tahun mendatang sekaligus menyebarkan pengunjung ke seluruh negeri untuk menghindari over tourism.

8. Taman Nasional Gabon

Lebih dari 10% wilayah Gabon di garis pantai Atlantik Afrika Tengah dimanfaatkan untuk 13 taman nasional. Semua taman nasional tersebut merayakan hari jadi mereka yang ke-20 pada 2022. Salah satunya Ivindo. Situs Warisan Dunia UNESCO terbaru di negara khatulistiwa ini terdiri dari hampir 300.000 hektar taman yang dilintasi sungai air hitam, dengan jeram yang mengesankan dan air terjun yang indah.

Karena wilayah yang terpencil, taman ini belum banyak dieksplorasi. Taman ini juga telah menjadi rumah bagi gorila, macan tutul, mandrill dan trenggiling, serta gajah hutan yang terancam punah.

Di samping itu ada Taman Nasional Pongara memiliki pantai indah yang belum terjamah. Taman ini merupakan tempat penyu belimbing bertelur antara November dan Maret, sementara lumba-lumba dan paus bungkuk dapat terlihat di musim kemarau antara Juli dan Oktober.

 9. Jordan

Kota kuno Petra menjadi daya tarik utama di Jordan. Pengunjung wajib melancong ke daerah itu. Harta karun arkeologi lainnya, seperti reruntuhan Jerash dan Umm Qais layak untuk dikunjungi.

Ada juga gurun Wadi Rum yang luas, paling cocok dinikmati bersama pemandu Badui yang dapat berbagi pengetahuan mereka. Selain itu, berenang di Laut Mati juga wajib dilakukan di negara ini.

10. Lahti, Finlandia

Finlandia secara konsisten dinobatkan sebagai tempat paling bahagia di dunia. Memang, ada banyak hal yang menyenangkan di Finlandia, terutama ketika datang ke kota tepi danau yang indah di Lahti.

Terletak 100 kilometer timur laut Helsinki, kota terbesar kedelapan di Finlandia ini dipenuhi dengan hutan, taman, dan cagar alam yang indah dengan jalur hiking dan titik pengamatan yang luar biasa. Lahti juga menjadi pioner dalam inovasi lingkungan karena meninggalkan batu bara sebagai sumber bahan bakar serta menawarkan tiket transportasi dan makanan gratis kepada warganya sebagai imbalan karena ramah lingkungan. Hal ini membuat Lathi menjadi kota Finlandia pertama yang ditunjuk sebagai Ibukota Hijau Eropa

Pada musim semi 2022, Museum Seni Visual Malva Lahti yang baru akan meluncurkan pameran pertamanya, sementara Lahti akan menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Ironman 70.3 untuk pertama kalinya pada tahun 2023.

11. Gurun Munga-Thirri-Simpson, Australia

Bagi mereka yang selalu ingin mengalami tantangan off-road sekali seumur hidup di Outback Australia, taman nasional terbaru dan terbesar di negara ini telah menanti. Disebut sebagai koridor konservasi utama di jantung negara, Taman Nasional Gurun Munga-Thirri-Simpson Australia Selatan mencakup 36.000 kilometer persegi dan mencakup bagian dari Gurun Simpson yang membentang ke negara bagian Queensland dan Northern Territory.

Satu-satunya cara untuk menjelajahi Taman Nasional Gurun Munga-Thirri-Simpson adalah dengan kendaraan roda empat jarak bebas tinggi, yang diperlukan untuk mengakses jaringan luas danau playa, bukit pasir merah yang menakjubkan, dan padang rumput yang dipenuhi burung. Malam hari bisa dihabiskan dengan berkemah di bawah bintang-bintang.

Para pelancong harus membawa cadangan bahan bakar, air dan makanan, serta suku cadang kendaraan dasar dan peralatan pemulihan. Sementara Desert Parks Pass diperlukan untuk masuk dan berkemah di taman. Dengan kata lain, kemandirian adalah kuncinya. Adapun bagi wisatawan yang tak dapat membawa perbekalan logistik dapat memesan salah satu dari beberapa tur Gurun Simpson yang berangkat dari ibu kota Australia Selatan, Adelaide.

12. Napoli, Italia

Daerah yang sebelumnya dianggap tidak boleh dikunjungi wisatawan akhirnya dilihat dengan cara yang berbeda. Distrik Sanità, yang pernah dipandang sebelah mata, sekarang malah naik daun. Pengunjung telah berbondong-bondong mengunjungi Napoli untuk melihat karya seniman lingkungan Paolo La Motta dipajang di tengah karya Louise Bourgeois dan Anish Kapoor di bekas istana kerajaan dari Capodimonte.

Situs arkeologi baru akan dibuka pada 2022 yang akan memberi penerangan baru tentang Neapolis Yunani dan Romawi. Di luar kota, Pompeii meluncurkan reruntuhan yang baru digali, seperti Pompeii ArteBus,yang mengantar pengunjung berkeliling di sekitar vila yang kurang dikenal, secara gratis.

13. Ollantaytambo, Peru

Kota yang terpelihara dengan baik di sepanjang rute ke Machu Picchu di Lembah Suci Peru ini memiliki reruntuhan Inca yang mengesankan. Baru-baru ini Ollantaytambo dinobatkan sebagai salah satu “Desa Wisata Terbaik” UNWTO. Inisiatif tersebut mengakui tempat-tempat yang telah merangkul pariwisata sebagai sarana untuk mempromosikan pembangunan berkelanjutan dan untuk melindungi pedesaan dengan lanskap, keanekaragaman alam dan budaya, serta nilai-nilai dan kegiatan lokalnya.

Ada banyak hal yang harus dijaga di tempat ini. Benteng dan kuil Inca yang berasal dari abad ke-15 yang menjadi tempat kekalahan langka para penakluk Spanyol; kota yang merupakan salah satu contoh terbaik dari perencanaan kota Inca; gudang Inca di Pinkuylluna yang menghadap ke Ollantaytambo; dan tambang Inca terdekat yang memunculkan keajaiban teknik.

Tempat menarik lainnya adalah Lembah Suci, termasuk reruntuhan Inca melingkar yang misterius di Moray yang dianggap sebagai proyek pertanian dan tambang garam Maras.

14. Kepulauan Orkney, United Kingdom

Di ujung paling utara Skotlandia, terdapat Kepulauan Orkney yang menakjubkan dengan tebing dipenuhi burung laut, anjing laut, dan situs arkeologi yang menarik. Orkney terdiri dari sekitar 70 pulau, 20 di antaranya tidak berpenghuni. Pulau terbesar di daratan itu menjadi rumah bagi sekelompok monumen Neolitikum yang dilindungi UNESCO sejak 5.000 tahun yang lalu, termasuk makam Maeshowe dan Ring of Brodgar.

Selain itu, wisatawan bisa mengamati bintang dan Aurora di Ronaldsay Utara, pulau Dark Sky Island atau mengunjungi Kapel Italia di Lamb Holm yang dibangun dari gubuk Nissen oleh Tahanan Perang Italia selama Perang Dunia II.

Wisatawan dapat berpindah antara daratan Skotlandia dan Orkney, antara pulau-pulau, baik dengan feri atau melalui udara. Orkney adalah rumah bagi penerbangan komersial terpendek di dunia, menghubungkan 1,7 mil antara pulau Westray dan Papa Westray hanya dalam dua menit.

15. Penang, Malaysia

Pandemi telah membuat banyak dari kita merindukan wisata kuliner, dan Penang menempati peringkat teratas dari yang terbaik di Asia. Pulau Malaysia di Laut Andaman ini menawarkan beragam hidangan tradisional Melayu, Cina, dan India.

Semua itu bisa ditemukan di pusat jajanan dan ruko di seluruh ibu kota Penang, George Town, yang dipenuhi dengan bangunan bersejarah, mulai dari mansion Inggris kuno hingga ruko Cina klasik dan masjid Islam. Namun, ada lebih dari makanan dan arsitektur untuk mendukung kegiatan jalan-jalan di pulau seluas 295 mil persegi ini.

Pada September 2021, Bukit Penang yang populer ditetapkan sebagai Cagar Biosfer UNESCO. Rumah di titik tertinggi Penang ini dipenuhi jalur pendakian yang terbentang dari puncaknya hingga ke kebun raya yang indah. Didirikan pada tahun 1884, tempat itu berfungsi sebagai gudang flora dan fauna Bukit Penang, termasuk lebih dari 200 spesies anggrek.

16. St Eustatius, Belanda

Sampai saat ini, sebagian besar pelancong ke St Eustatius adalah para penyelam yang ingin menjelajahi bangkai kapal dan terumbu karang, serta melihat dari dekat barakuda dan hiu di perairan yang masih alami.

St Eustatius juga menawarkan Quill, gunung berapi aktif yang sisi miringnya cocok untuk pendakian, serta pemandangan indah mutiara seluas delapan mil persegi di laut ini. Pada 2022, di wilayah ini telah dibuka hotel mewah baru bernama Golden Rock untuk membawa variasi lain bagi para wisatawan.

17. Tulsa, Oklahoma

Tahun lalu adalah peringatan 100 tahun Pembantaian Ras Tulsa. Kunjungi Taman Rekonsiliasi John Hope Franklin, bagian dari National Park Service, dan Greenwood Rising yang baru dibuka untuk mempelajari lebih lanjut sejarahnya.

Tak hanya itu, Tusla juga menawarkan wisata alam bebas. Tulsa terletak di medan yang landai di tepi Great Plains di barat dan Pegunungan Ozark di timur. Di dalam kota terdapat Area Wilderness Perkotaan Pegunungan Turki, dengan jalur terjal dan tanjakan curam untuk memberikan pendakian menyeluruh, dan River Parks, dengan bermil-mil jalur beraspal yang mengikuti Sungai Arkansas.

18. Valencia, Spanyol

Valencia terletak beberapa jam dari Barcelona ke selatan di sepanjang garis pantai tenggara Spanyol. Ibu Kota Desain Dunia untuk tahun 2022 menjadi rumah bagi populasi sekitar 800.000 orang.

Kota Seni dan Sains, dirancang oleh arsitek Valencia Santiago Calatrava, Valencia adalah kompleks futuristik luas yang menampilkan planetarium, museum sains, dan akuarium terbesar di Eropa. Dari sana, pelancong dapat bersepeda atau berjalan-jalan melintasi seluruh Valencia melalui Taman Turia sepanjang sembilan kilometer, yang dibangun di bekas dasar Sungai Turia.

Terakhir, jika berkunjung pada bulan Maret, akan ada Festival Las Fallas tahunan yang merupakan pesta jalanan lima hari bertabur kembang api dan pembakaran patung kayu dan karton.

19. Taman Nasional Yellowstone

Taman nasional pertama di dunia yang menyimpan cukup banyak keajaiban. Ada banyak yang bisa ditemukan di taman nasional ini. Fitur hidrotermalnya saja berjumlah sekitar 10.000. Grand Prismatic Spring di Midway Geyser Basin sangat memukau dengan lingkaran cerah oranye, kuning, dan hijau yang mengelilingi pusat biru tua, dan tentu saja menyaksikan Old Faithful meletus adalah tradisi di Yellowstone. Pengunjung pun bisa bertemu dengan satwa liar.

Berkunjunglah ke ke tempat wisata alam ini di pagi hari atau sore hari dan berkunjung di musim semi dan gugur untuk menghindari banyak turis.

20. Palau

Setiap pengunjung negara harus menandatangani Sumpah Palau, perjanjian untuk berperilaku bertanggung jawab saat bepergian dan melakukan bagian untuk merawat lingkungan. Sumpah ini mencakup segala hal, mulai dari tidak menggunakan kantong plastik hingga hanya mengoles tabir surya yang memenuhi standar tinggi negara.

Satu-satunya Situs Warisan Dunia UNESCO di pulau ini adalah Laguna Selatan Kepulauan Rock, bentangan lebih dari 400 pulau yang merupakan rumah bagi beberapa karang paling langka di dunia, serta berbagai burung, ikan, dan hiu.Komitmen untuk melestarikan lingkungan tersebut sangat masuk akal karena wisatawan akan melihat betapa menakjubkan beragam lanskap yang ditawarkan Palau. Danau Ubur-ubur, yang ditutup untuk pengunjung selama beberapa tahun agar populasi ubur-ubur tituler kembali ke tingkat yang dapat diterima, dibuka kembali.

Leave A Reply

Your email address will not be published.