Begini Ramalan Sandi Uno Soal Nasib Wisata RI di 2022

0

ihgma.com, Jakarta –  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, memproyeksikan 2022 pariwisata Indonesia dapat bangkit lebih baik dari tahun ini. Tren wisatawan mancanegara diprediksi melonjak meski belum sebaik masa sebelum pandemi.

“Saya melihat wisatawan mancanegara itu Oktober meningkat menjadi 151 ribu dibanding data sebelumnya. Meski belum mendekati sebelum pandemi mencapai 17 juta orang,” jelasnya dalam The Prime World CNBC Indonesia, Rabu (22/12/2021).

Selain itu Sandi melihat tren pariwisata ke depan berbasis pada kualitas masa tinggal bukan kuantitas, maksudnya wisatawan didorong untuk menggelontorkan uang lebih banyak meski jumlah pengunjung masih sedikit.

“Sehingga bermanfaat bagi lokal,” jelasnya.

Target yang dipatok pemerintah untuk tahun depan masih konservatif melihat adanya varian Omicron. Dimana ada 1,5 – 2 juta wisatawan mancanegara. Sementara untuk jangka menengah mencapai 4 juta di 2023 dan 2024 kembali menuju belasan juta.

Namun bukan tanpa tantangan, tahun depan masih ada hantu Covid – 19 yang bakal mengganggu ekonomi Indonesia. Jika penanganan bisa dilakukan dengan baik maka ekonomi Indonesia bakal bergerak.

Melansir CNBC Indonesia, “ekonomi kita driven by covid, bergantung pada pandemi. Dengan penanganan yang baik ekonomi akan bergerak,” jelasnya.

Selain itu pemerintah juga sudah menyiapkan strategi turunan untuk membantu sektor pariwisata termasuk 17 subsektor di bawahnya., seperti pemandu wisata, biro perjalanan, restoran, hotel dan lain lain.

Leave A Reply

Your email address will not be published.