Akhir Tahun, Lalu Lintas WNI ke Luar Negeri via Bandara Soekarno-Hatta Meningkat

0

ihgma.com, Jakarta – Meski pemerintah telah mengimbau agar masyarakat tak ke luar negeri untuk mencegah penyebaran varian baru Covid-19, Omicron, namun perjalanan ke luar negeri justru meningkat di Bandara Soekarno-Hatta.

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Bandara Soekarno-Hatta mencatat keberangkatan WNI ke luar negeri meningkat menjelang pergantian tahun ini. Begitu pula dengan WNI yang datang dari luar negeri.

Kepala Bidang Informasi dan  Komunikasi Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta, Habiburahman mengatakan peningkatan WNI terpantau di arus keberangkatan maupun kedatangan.

“Terutama pada 23 dan 29 Desember, ada kenaikan 10 persen,” ujarnya dalam media briefing refleksi akhir tahun 2021 di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Bandara Soekarno-Hatta, Kamis 30 Desember 2021 seperti dilansir Tempo.

Habiburahman menyebutkan pada 23 Desember 2021 tercatat ada 3.303 WNI yang berangkat ke luar negeri dan pada 29 Desember sebanyak 1.661 orang. “Sementara untuk kedatangan pada 23 Desember 2.778 orang dan pada 29 Desember sebanyak 2.234,” kata Habiburahman.

Sementara untuk kedatangan dan keberangkatan WNA justru mengalami penurunan. Menurut Habiburahman pada periode yang sama 23 Desember 1.300 WNA berangkat, dan 29 Desember turun 445 orang. Di kedatangan pada 23 Desember 713 orang dan pada 29 Desember hanya 508 orang.

Kepala Bidang Tempat Pemeriksaan Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta Verico Sandy mengatakan berbagai faktor menyumbang kenaikan arus WNI ke luar negeri. “Masyarakat cukup percaya diri karena telah divaksin Covid-19 serta tidak ada larangan untuk bepergian ke luar negeri, cuma imbauan,” ujarnya.

Menurut Verico kebanyakan WNI ke luar negeri dengan tujuan bisnis dan wisata. “Banyak pebisnis  yang bergairah untuk melakukan bisnis  ke luar negeri serta membawa keluarga.”

Begitu juga dengan WNI yang datang banyak dengan keluarga dari luar negeri. “Mereka banyak yang  baru akan berangkat menjelang akhir tahun,” kata Verico.

Sebelumnya pemerintah telah mengimbau agar masyarakat tak bepergian ke luar negeri untuk mencegah penyebaran Omicron di Tanah Air.

“Kami minta usahakan untuk ditunda dulu bepergian ke luar negeri atau ke luar kota. Liburan Natal dan Tahun Baru bisa dilaksanakan di rumah bersama keluarga,” kata Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria di Balai Kota, Jakarta, Senin, 20 Desember 2021.

Leave A Reply

Your email address will not be published.