50 Tahun Pencapaian ITDC, Buka Peluang Kerja Sama Untuk Geliatkan Pariwisata di Bali Nusra

0

ihgma.com, Mangupura – PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) pada Minggu (12/11/2023) lalu merayakan 50 tahun perjalanan gemilang sebagai pelopor dalam pengembangan dan pengelolaan kawasan pariwisata terintegrasi di Indonesia.

Didirikan pada tahun 1973 sebagai Bali Tourism Development Corporation (BTDC), lalu menjadi ITDC dan telah berhasil mengubah The Nusa Dua, Bali, menjadi salah satu destinasi pariwisata kelas dunia terbaik.

Sejak awal pengembangannya di tahun 1974, The Nusa Dua telah menjadi tuan rumah berbagai event internasional, seperti pertemuan Tahunan IMF-World Bank 2018, KTT G20 2022 dan KTT Archipelagic and Island States (AIS) 2023.

Saat ini, ITDC dipercaya untuk mengembangkan dan mengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Mandalika/The Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan kawasan The Golo Mori di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Nusa Dua
Photo By ITDC Nusa Dua

“Saya bersama jajaran Direksi dan insan ITDC dengan bangga merayakan perjalanan gemilang ITDC yang telah mencapai usia 50 tahun,” ujar Direktur Utama ITDC Ari Respati seperti dilansir dari Tribun Bali pada Selasa 14 November 2023.

Menurut Ari Respati, lima dekade ini, ITDC telah menjadi pionir dalam mengubah lanskap pariwisata Indonesia, membawa kontribusi positif yang tak terhitung jumlahnya bagi negara.

“Merayakan pencapaian 50 tahun ITDC membuka peluang kerja sama bagi investor dan penyelenggara event/kegiatan MICE, olahraga, dan hiburan untuk bersama-sama menggeliatkan pariwisata dan ekonomi di Bali, NTB, NTT, bahkan di seluruh Indonesia,” imbuh Ari Respati.

Kami percaya bahwa kolaborasi ini tidak hanya memberikan manfaat ekonomi, tetapi juga akan memperkuat karakteristik kawasan The Nusa Dua, The Mandalika, dan The Golo Mori sebagai destinasi pariwisata unggulan yang dikenal di seluruh dunia.

Sebelumnya pada 13-15 Oktober 2023 lalu, ITDC telah sukses menyelenggarakan Pertamina Grand Prix of Indonesia (Indonesian GP) di Pertamina Mandalika International Circuit di NTB.

Event balap internasional ini menarik lebih dari 103.000 penonton dan memberikan dampak ekonomi nasional lebih dari Rp 4,5 triliun selama tiga hari event berlangsung.

Selain itu, ITDC secara aktif mengundang investor lokal dan internasional untuk berpartisipasi dalam pengembangan KEK Pariwisata Mandalika.

Sebagai wujud komitmen, ITDC telah menandatangani kerjasama investasi  dengan empat investor pada 1 November 2023.

Investasi ini melibatkan pengembangan berbagai fasilitas, termasuk Pacuan Kuda, Wibit Water Sport, Circuit Cafe, Mandalika Circuit Experience, dan Mandalika Racing Experience serta akomodasi.

Sementara The Golo Mori/Golo Mori Convention Center (GMCC) di NTT, adalah penugasan ketiga dari Pemerintah kepada ITDC, menjadi venue KTT ASEAN ke-42 pada Mei 2023.

Melalui penyelenggaraan sejumlah event di kawasan The Nusa Dua, The Mandalika dan The Golo Mori, ITDC berupaya menciptakan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang memberikan manfaat dan dampak positif bagi masyarakat serta mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.