Ternyata Ini Cara Menentukan Bintang Secara Resmi untuk Sebuah Hotel

0

ihgma.com –

Ketika pergi liburan, tentu para turis harus mencari hotel untuk tempat menginap selama berada di daerah yang menjadi tujuannya. Itu akan menjadi hal yang cukup sulit, karena banyaknya pilihan yang tersedia.

Tidak sedikit orang yang menentukan dengan melihat peringkat bintang yang disematkan untuk hotel tesebut. Peringkat ini dapat memberi tahu banyak hal tentang kualitas dan fasilitas hotel.

Dilansir  Kumparan dari USA Today, tenyata ada peringkat bintang yang resmi dan tak resmi. Setiap hotel bisa saja mengatakan kalau hotelnya bintang lima atau yang lainnya.

Sistem peringkat bintang yang asli pertama kali dilakukan oleh Forbes Travel Guide pada tahun 1950-an. Sejak saat itu, beberapa badan evaluasi yang berbeda juga ikut menetapkan bintang yang pantas untuk sebuah hotel.

Jadi, penting untuk memeriksa siapa evaluator yang mengeksekusi hal tersebut. Sebagai contoh, di Amerika Serikat Forbes masih menjadi salah satu badan pemberi bintang terkemuka, seperti halnya AAA. Di Inggris, otoritas wisata seperti VisitBritain dan VisitScotland yang bertanggung jawab.

Berbagai agen perjalanan dan situs pemesanan memiliki peringkat bintangnya tersendiri, tapi itu dianggap tidak resmi karena kurang bisa diandalkan

Selain itu, penting untuk dicatat bahwa dalam hal peringkat bintang resmi, apa yang dianggap sebagai bintang lima di satu negara mungkin bisa saja dianggap sebagai bintang tiga di negara lain.

Tidak ada sistem universal dalam hal penentuan peringkat bintang, yang juga melemahkan kredibilitas sistem. Misalnya, sebuah hotel yang memiliki sejarah panjang di Thailand, tetapi tidak mewah secara rupanya mungkin mendapatkan peringkat bintang yang sama dengan hotel mewah baru di Australia.

Beberapa negara, seperti Uni Emirat Arab, menggunakan skala yang sama sekali berbeda, dengan beberapa hotel menerima enam atau tujuh bintang.

Sebagian besar sistem bintang digunakan untuk mengevaluasi fitur utama, fasilitas, dan kualitas layanan yang disediakan oleh hotel. Inilah sebabnya mengapa akan terlihat sistem yang berbeda di negara yang berbeda, karena sesuatu yang sederhana seperti kamar mandi dengan pancuran air panas, mungkin dianggap sebagai kemewahan yang ekstrem di beberapa tempat.

Namun, banyak perusahaan dan program pemeringkatan di seluruh dunia, seperti situs pemesanan hotel populer Expedia, menggunakan kriteria serupa.

Hotel Bintang Satu

Kamar di hotel bintang 1
Kamar di hotel bintang 1 Foto: Dok. Pegipegi

 

Hotel bintang satu biasanya menawarkan kamar standar yang mungkin hanya memiliki tempat tidur dan meja samping. Kamar mandi bisa saja digunakan bersama dengan orang lain di lantai yang sama. Untuk makanan dan minuman apa pun biasanya ditemukan di mesin penjual otomatis.

Hotel bintang satu biasanya tidak memiliki fasilitas, dan meja resepsionis hotel mungkin tidak akan buka selama 24 jam. Jangan berharap TV, telepon, atau bahkan layanan housekeeping.

Hotel Bintang Dua

Kamar di hotel bintang 2
Kamar di hotel bintang 2 Foto: Dok. Pegipegi

 

Hotel bintang dua tentu saja merupakan peningkatan dari hotel bintang satu, tetapi tidak banyak. Di hotel bintang dua, meja resepsionis kemungkinan buka 24 jam. Kamar juga mungkin memiliki rak pakaian atau lemari, telepon, dan TV mungkin sudah cukup tua.

Tentu kamar itu sudah memiliki kamar mandi pribadi, tetapi hanya dengan pancuran, bukan bathtube. Hotel tidak akan menyediakan banyak layanan.

Hotel Bintang Tiga

Kamar di hotel bintang 3
Kamar di hotel bintang 3 Foto: Dok. Pegipegi

 

Hotel bintang tiga tidak terlalu murah atau terlalu mewah, itu benar. Pemilik ingin tamu merasa santai dan nyaman di kamar mereka tanpa perlu menghabiskan terlalu banyak uang.

Biasanya ada restoran dan bar di sana, serta bantuan untuk membawa tas ke kamar para tamu. Secara umum untuk kamar akan lebih besar, nyaman, dan banyak furnitur.

Hotel Bintang Empat

Kamar di hotel bintang 4 Foto: Dok. Pegipegi
Kamar di hotel bintang 4 Foto: Dok. Pegipegi

 

Hotel bintang empat sangat bagus, kamu akan melihat perbedaannya setelah masuk ke lobi dan melihat dekorasinya. Tentu kamar akan lebih besar dan lebih mewah, dengan tempat tidur besar, minibar, brankas, workstation, jubah mandi, dan TV modern. Hotel biasanya menawarkan parkir valet, spa, gym, kolam renang, dan layanan lainnya.

Hotel Bintang Lima

Ilustrasi kamar hotel mewah Foto: Unplash/iAlicante Mediterranean Homes
Ilustrasi kamar hotel mewah Foto: Unplash/iAlicante Mediterranean Homes

 

Hotel bintang lima memiliki semua fasilitas yang kamu harapkan untuk ditemukan di hotel lainnya, biasanya hotel itu akan dilengkapi dengan spa mewah dan lobi besar yang menyediakan pelayan pribadi.

Kamar yang khas memiliki kamar mandi besar yang dilapisi meja marmer dan meja rias besar, yang dilengkapi dengan perlengkapan mandi kelas atas.

Sebagian besar resor bintang lima memiliki lapangan golf, lapangan tenis, klub kesehatan dengan pelatih pribadi, dan bahkan layanan penitipan anak.

Sudah ada gambaran sebenarnya seperti apa sih penentuan peringkat bintang yang resmi, untuk jalan-jalan selanjutnya kamu bisa menggunakan itu untuk menentukan hotel itu merupakan pilihan yang tepat atau tidak.

Bintang seharusnya bukanlah satu-satunya hal yang digunakan untuk menilai sebuah hotel. Lihatlah fasilitas dan layanan yang diberikan, dan baca ulasan pelanggan tentang hotel tersebut.

Di beberapa negara, hotel bintang lima mungkin tidak jauh lebih baik daripada hotel bintang tiga, terutama jika harga hotel bintang tiga tidak ada duanya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.