Targetkan 120 Juta Turis di 2030, Saudi Bakal Bangun Bandara Terbesar Sedunia

0

ihgma.com – Arab Saudi kian serius untuk mengubah citranya sebagai salah satu negara penghasil minyak terbesar di dunia. Dari negara penghasil minyak, Negara Jazirah Arab tersebut mulai berbenah dan fokus untuk mendorong sektor pariwisatanya.

Tak tanggung-tanggung, Arab Saudi berencana untuk membangun bandara terbesar di dunia yang bisa menampung banyak turis untuk datang ke negaranya.

Dilansir Traveler, King Salman International Airport direncanakan menjadi bandara berikutnya yang akan dibangun di Arab Saudi untuk menampung turis dalam jumlah besar. Berlokasi di Riyadh, bandara terbesar di dunia ini bakal jadi hub untuk pariwisata Arab Saudi.

Seperti diberitakan Saudi Press Agency, Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman, telah mengumumkan rencana pembangunan bandara tersebut. Pembangunan bandara akan dilakukan dengan menggunakan Dana Investasi Publik negara tersebut.

Pesawat Saudi Arabian Airlines. Foto: Thiago B Trevisan/Shutterstock
Pesawat Saudi Arabian Airlines. Foto: Thiago B Trevisan/Shutterstock

Sang putra mahkota juga membeberkan bahwa bandara tersebut nantinya diharapkan dapat memenuhi target 120 juta turis yang ingin didatangkan Arab Saudi pada 2030. Kemudian, bandara tersebut diharapkan dapat menarik turis sebanyak 185 juta orang di 2050.

Selain untuk mengakomodir kebutuhan turis, King Salman International Airport juga didesain untuk menerima penerbangan kargo hingga 3,5 juta ton.

Bandara Terbesar di Dunia

Karena targetnya yang besar, King Salman International Airport juga digadang-gadang sebagai bandara terbesar di dunia. Bandara yang sebelumnya beroperasi sebagai King Khalid International Airport ini akan diperluas hingga 57 kilometer persegi, dengan enam landasan pacu atau runway.

Menariknya, desain bandara juga akan menampilkan kebudayaan Saudi yang unik untuk para turis. Selain mengusung konsep ‘pengalaman perjalanan yang unik’, bandara tersebut juga akan mendukung inisiatif-inisiatif yang ramah lingkungan dan didukung energi terbarukan.

Ilustrasi bandara di Arab Saudi. Foto: Crystal Eye Studio/Shutterstock
Ilustrasi bandara di Arab Saudi. Foto: Crystal Eye Studio/Shutterstock

“King Salman International Airport akan meningkatkan posisi Riyadh sebagai pusat logistik global, menstimulasi transportasi, perdagangan dan pariwisata, dan bertindak sebagai jembatan yang menghubungkan Timur dengan Barat,” demikian laporan Saudi Press Agency.

Arab Saudi memiliki tujuan ambisius untuk menarik 100 juta pengunjung per tahun pada tahun 2030, karena negara tersebut berusaha untuk mendiversifikasi ekonominya dari minyak.

Setelah lama ditutup untuk pengunjung asing, visa turis mulai dikeluarkan untuk pertama kalinya pada September 2019.

Leave A Reply

Your email address will not be published.