Spot Diving Terbaik di Bali yang Populer di Mancanegara

0

ihgma.com, Jakarta – Bali menjadi salah satu pulau favorit wisatawan mancanegara untuk liburan musim panas. Pulau ini menawarkan pantai, adat istiadat dan budaya, serta alam yang menawan. Salah satu kegiatan favorit wisatawan di Bali adalah diving atau menyelam dan snorkeling untuk menikmati keindahan bawah lautnya.

Tempat ini penuh dengan pilihan menyelam yang menarik seperti Nusa Lembongan, Nusa Penida, dan Pulau Menjangan.

Inilah lima spot diving dan snorkeling yang paling disukai wisatawan mancanegara di Bali seperti dikutip Tempo.

1. Tulamben, Karangasem 

Beda dengan kebanyakan pantai di Bali, Tulamben tidak menyuguhkan hamparan pasir putih yang cantik. Daya tarik pantai ini ada di bawah lautnya sehingga cocok untuk liburan para pecinta snorkeling dan diving.

Pantai yang berada di Kabupaten Karangasem ini menawarkan keragaman biota laut, mulai dari terumbu karang hingga ikan warna-warni. Hal yang membedakannya dengan pesona bawah laut lain di Bali adalah bangkai kapal Amerika Serikat bernama USAT Liberty Glo yang tenggelam terkena topang pada 1940. Bangkai kapal ini jadi salah satu yang dicari penyelam di pantai ini.

2. Manta Point, Nuda Penida

Berada di lautan lepas, Manta Point jadi tempat ikan pari manta hidup. Cukup menyelam sedalam lima meter, wisatawan sudah bisa menemukan pari manta yang merupakan salah satu ikan langka khas Indonesia.

Menyelam lebih dalam lagi, wisawatan bisa menemukan sebuah kawasan berpasir tempat ikan pari biru berenang bebas. Di sini juga terdapat gurita, ikan hiu bambu, penyu serta beragam biota lainnya.

3. Crystal Bai, Nusa Penida

Pantai Crystal memiliki spot yang sangat indah untuk melakukan diving sehingga sering disebut sebagai surga kedua para penyelam. Air laut di spot ini jernih dengan jarak pandang hingga 40 meter. Lokasi ini jadi salah satu tempat terbaik di Indonesia untuk melihat Mola Mola, keluarga ikan buntal dan berdiameter sekitar tiga meter dan beratnya mencapai satu ton atau lebih. Tapi, spot ini hanya disarankan untuk penyelam tingkat lanjut karena kadang-kadang arusnya kencang.

4. Pulau Menjangan 

Pulau Menjangan berada di Taman Nasional Bali Barat, memiliki ombaknya yang tenang dan air yang jernih sehingga disukai wisatawan untuk diving. Menyelam di kedalaman 20 meter, wisatawan bisa menemukan keindahan terumbu karang serta ribuah jenis ikan. Di sini juga penyelam bisa menemukan garden temple bawah laut.

5. Nusa Lembongan

Pulau yang terkenal eksotis ini memiliki empat spot indah yang sangat dicintai para pecinta snorkeling dan diving dunia. Di sebelah utara terdapat kawasan hutan mangrove dengan ikan-ikan kecil lucu. Kedalamannya hanya dua meter sehingga cocok untuk pemula.

Selain itu, ada spot diving Lembongan Bay, Mushroom Beach, serta Blue Corner yang menawarkan keindahan terumbu karang di atas hamparan pasir putih. Di sini juga penyelam bisa menemukan beberapa karang lunak yang cantik, ikan buntal, boxfish, sea snakes, lionfish, nudibranch, scorpionfish, barracuda, triggerfish, dan angelfish.

Leave A Reply

Your email address will not be published.