Selain Phuket, Liburan ke 3 Pantai Thailand Bebas Karantina!

0

ihgma.com, Jakarta – Pemerintah Thailand memutuskan untuk menambahkan tujuan pantai populer yang memungkinan untuk dimasuki turis asing tanpa karantina. Hal ini dilakukan saat kasus Covid-19 di negara itu masih tinggi.

Mulai Selasa (11/1/2022), turis asing yang divaksinasi dapat memasuki Krabi, Phang Nga dan Koh Samui tanpa karantina. Tak hanya di tiga tempat itu, turis juga telah diizinkan untuk memasuki Phuket dalam skema non karantina yang dinamakan sandbox ini.

Presiden Asosiasi Pariwisata Koh Samui, Ratchaporn Poolsawadee, menyambut baik langkah yang diambil pemerintah Negeri Gajah Putih itu. Sebab, beberapa bulan lalu skema ini sempat dijalankan dan menarik wisatawan hingga 350 ribu orang ke Thailand seperti dikutip CNBC Indonesia.

Restaurant the Grotto on Railay beach, Krabi © fokke baarssen / Shutterstock.com

Namun seiring kenaikan kasus Covid dan masuknya virus corona varian Omicron, skema itu ditangguhkan sementara. Hal itu membuat okupansi tempat wisata dan akomodasi menurun sangat jauh.

“Penangguhan itu terjadi saat musim puncak perjalanan sehingga dampaknya terhadap sektor ini cukup signifikan,” tuturnya kepada Straits Times.

Hal yang sama juga disuarakan Presiden Asosiasi Turis Phuket, Bhummikitti Ruktaengam. Pihaknya menyebut bahwa penangguhan dan pencabutan skema sandbox ini membuat usaha pariwisata di pulau itu lebih dapat menyesuaikan dengan situasi yang ada.

“Situasi wabah di Phuket tidak berbeda dengan banyak negara lain. Kami sekarang menambah kapasitas bagi para pelancong untuk mengisolasi diri di kamar hotel,” ujarnya.

“Apa yang dilakukan Thailand dengan penangguhan dan penyesuaian menunjukkan bahwa kami cepat membuat kebijakan untuk membatasi kerusakan, dan membuat perubahan saat kami mempelajari lebih lanjut.”

Angka infeksi di Thailand sendiri sejauh ini masih cukup tinggi. Pada Selasa, negara kerajaan itu melaporkan 7.133 kasus infeksi baru dalam kurun waktu 24 jam terakhir. Secara agregat, Thailand telah menemukan 2,28 juta kasus infeksi virus corona dengan 21 ribu lebih kematian sejak virus memasuki negara itu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.