Rencana Budget Liburan Akhir Tahun Turis Indonesia Rata-rata Rp 5 Juta

0

ihgma.com, Jakarta – Biaya atau budget liburan akhir tahun menjadi salah satu faktor penting dalam menyusun rencana perjalanan. Menentukan budget liburan artinya memperkirakan jumlah dana yang dikeluarkan untuk semua kebutuhan.

Mulai dari akomodasi seperti penginapan, transportasi, kuliner, hingga oleh-oleh. Untuk liburan Natal 2021 dan tahun baru 2022 (Nataru), wisatawan memiliki pilihan dan tujuan berlibur masing-masing.

Survei Populix yang diikuti oleh 1.012 responden dengan mayoritas Gen Z dan milenial berdomisili di kota-kota besar, menunjukkan jumlah terbanyak rencana budget liburan akhir tahun.

Hasilnya, 31 persen dari responden yang telah merencanakan perjalanan akhir tahun, memperkirakan biaya untuk liburan mereka berkisar antara Rp 2,5 juta sampai Rp 5 juta.

Di urutan kedua, sebanyak 28 persen responden memilih perkiraan budget di angka Rp 2,5 juta ke bawah. Selanjutnya, di urutan ketiga adalah budget kisaran Rp 5 juta sampai Rp 7,5 juta yang dipilih oleh 17 persen responden.

Pura Penataran Agung Bali
Ilustrasi wisatawan di Pura Penataran Agung Lempuyang, Karangasem, Bali.(Shutterstock/TomasHylak)

 

Budget dengan kisaran Rp 7,5 juta – Rp 10 juta menyusul dengan 13 persen responden. Terakhir, ada 12 persen responden yang memilih budget di atas Rp 10 juta.

Dari rencana perkiraan dana liburan akhir tahun para responden, didapatkan angka rata-rata yaitu Rp 4,99 juta. Dengan budget sekitar Rp 5 juta, para responden mayoritas memilih untuk melakukan perjalanan bersama-sama dalam kelompok kecil.

Hasil survei menunjukkan, 63 persen memilih pergi bersama saudara atau keluarga, 55 persen pasangan, 32 persen teman, dan hanya enam persen yang ingin bepergian sendiri. Bagi yang merencanakan budget liburan akhir, terhitung rata-rata mengambil waktu di minggu keempat bulan Desember, dengan masa liburan selama 3 – 7 hari seperti dilansir Kompas.

Angka ini relatif lebih rendah dibandingkan responden yang memutuskan untuk tidak pergi berlibur. Rinciannya adalah hanya 33 persen responden yang siap untuk melakukan perjalanan akhir tahun, sedangkan 48 persen memilih tidak liburan akhir tahun karena Covid-19, dan 19 persen belum bisa memutuskan.

Hasil riset Populix juga menunjukkan bahwa responden yang memutuskan untuk tidak melakukan perjalanan akhir tahun ke luar kota, memiliki beberapa rencana lain.

Adapun rencana lain tersebut misalnya melakukan aktivitas yang di rumah, di antaranya mengadakan pesta akhir tahun di rumah atau melakukan ibadah bersama keluarga. Sebagian responden juga mengaku akan menghabiskan waktu liburan dengan berkeliling kota, wisata kuliner, atau staycation dalam kota.

Leave A Reply

Your email address will not be published.