Ramai-Ramai Turis Korea Ingin Menikah & Bulan Madu di Bali

0

ihgma.com, Jakarta – Indonesia adalah salah satu pilihan destinasi wisata favorit bagi para wisatawan mancanegara (wisman), termasuk asal Korea Selatan.

Direktur Pemasaran Pariwisata Regional I Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)/Baparekraf, Raden Wisnu Sindhutrisno, mengungkapkan bahwa para wisman Korea Selatan mulai melirik Indonesia sebagai tempat pernikahan dan bulan madu impian, seperti wisman asal India.

“Baru pagi ini terungkap dari teman-teman asal Korea kalau mereka (masyarakat Korea Selatan) sekarang sudah mulai melihat Indonesia, terutama Bali, sebagai tempat impian mereka untuk honeymoon (bulan madu) dan pernikahan,” ungkap Wisnu dalam acara pembukaan Korea Korea Culture & Travel Festival 2023 di Jakarta seperti dikutip dari CNBC Indonesia, Jumat (1/9/2023).

Selain Bali, Wisnu juga menyebut bahwa minat wisman asal Korea Selatan untuk berlibur di Indonesia mulai bergeser ke Manado, Sulawesi Utara; Daerah Istimewa Yogyakarta; dan Batam, Kepulauan Riau.

“Wisatawan Korea Selatan kalau ke Indonesia, itu paling utama dan pertama Bali tentunya. Namun mengejutkannya, mereka (wisman asal Korea Selatan) mau ke Manado sekarang, Manado dan Batam. Itu sudah mulai banyak,” kata Wisnu.

Menurut Wisnu, Batam menjadi destinasi favorit para wisman Korea Selatan untuk berwisata olahraga golf. Selain itu, minat terhadap pelayaran di kota Kepulauan Riau itu juga mulai meningkat.

“Orang Korea itu senang golf. Bagi mereka, olahraga golf itu bagus, lah. Relatively tidak terlalu mahal,” kata Wisnu.

“Di Batam, golf dan cruise (pelayaran) juga minatnya mulai meningkat. Maka dari itu, Labuan Bajo juga sedang kita promosikan,” lanjutnya.

Selain golf di Batam, para wisman Korea Selatan juga mulai berbondong-bondong mengunjungi Manado untuk melakukan water sport atau olahraga air.

Jika berwisata alam, Wisnu mengatakan bahwa tren wisman asal Korea Selatan mengunjungi pegunungan dan pantai di Indonesia semakin meningkat. Terlebih, suhu udara di Indonesia dinilai lebih hangat bila dibandingkan dengan negara asal.

“Mereka (wisman asal Korea Selatan) carinya yang udara hangat gitu, lah, ya. Jadi, pantai-pantai banyak disukai oleh mereka. Pegunungan Indonesia juga tidak terlalu dingin, jadi nyaman bagi mereka,” papar Wisnu.

Hingga paruh pertama 2023, Kemenparekraf telah mencatat bahwa sebanyak 145 ribu wisatawan Korea Selatan telah mengunjungi Indonesia. Jumlah tersebut sudah melebihi dari setengah target Kemenparekraf untuk kunjungan wisman Korea Selatan, yakni 194.500 wisatawan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.