Pertumbuhan Pendapatan RedDoorz Lampaui 30 Persen pada 2023, 2024 Targetkan Gen Z

0

ihgma.com, Jakarta – Perusahaan teknologi akomodasi RedDoorz mencatat kinerja positif pada kuartal keempat 2023. RedDoorz mencapai arus kas positif dan pertumbuhan pendapatan grup sebesar 30 peraen dari tahun ke tahun atau year on year (YoY). Sejak pandemi Covid-19 melanda pada tahun 2019, RedDoorz telah membukukan profit grup melampaui angka 90 persen.

RedDoorz melihat data tersebut sebagai pencapaian yang luar biasa. Pasalnya, perusahaan yang bermitra dengan akomodasi perhotelan tersebut mampu pulih dari kondisi krisis imbas pandemi. Tak hanya itu, RedDoorz juga dinilai mampu mengokohkan posisinya sebagai bagian berpengaruh dalam industri hospitalitas untuk pasar premium-budget hotel di kawasan Asia Tenggara.

CEO RedDoorz Amit Saberwal memaparkan pertumbuhan positif yang dicapai RedDoorz sepanjang 2023 merupakan hasil dari strategi ‘mission freedom‘ yang mereka terapkan. “Kami melakukan optimalisasi operasional bisnis  dan finansial perusahaan untuk mencapai independensi dan pertumbuhan profit yang maksimal,” ujar Amit pada Selasa, 30 Januari 2024.

Sepanjang 2023, sejumlah hotel multi-brand yang berada dalam jaringan RedDoorz juga mengalami pertumbuhan signifikan. Mulai dari SANS Hotel, Sunnera, Urbanview, RedPartner, dan The Lavana. Bahkan, SANS dan Urbanview mengalami peningkatan lebih dari 50 persen YoY.

Bila dikaji berdasarkan daerah, Bali menunjukan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan positif bisnis RedDoorz secara grup pada 2023. Penilaian ini tercermin dari jumlah brand The Lavana di Bali yang bertambah hingga lima kali lipat.

Presiden Direktur RedDoorz Indonesia Mohit Gandas menuturkan perusahaan mereka sangat senang dengan pencapaian di tahun 2023 karena membuktikan ketangguhan dan adaptabilitas RedDoorz di pasar pariwisata yang sangat dinamis.

“Fokus kami di 2024 ini adalah terus meningkatkan kemitraan strategis, inovasi teknologi termasuk pemanfaatan AI. Tentunya terus memperbaiki kepuasan pelanggan, agar pencapaian positif ini berlanjut di tahun 2024,” kata Mohit dalam diskusi yang berlangsung di kawasan Menteng itu.

Pada pembuka tahun 2024, RedDoorz juga menerima kabar baik berupa predikat Singapore’s Fastest Growing Companies 2024 dari The Straits Times dan Statista. Capaian ini adalah yang ketiga kalinya diterima RedDoorz. Adapun aspek penilaiannya mencakup pertumbuhan positif bisnis RedDoorz dari tahun ke tahun.

Pada 2024 ini, RedDoorz sudah pasang strategi untuk memaksimalkan keuntungan, salah satunya akan terus menambah jumlah properti. Pertimbangannya adalah mengingat pasar potensial industri perhotelan di Asia Tenggara yang tercatat masih mencapai lebih dari 400 ribu.

Maka dari itu, kata Mohit, RedDoorz akan terus berkomitmen membantu mitra properti melalui berbagai solusi dan inovasi teknologi mereka. “Kami akan memberikan prioritas pada implementasi efisiensi berbasis teknologi, untuk memastikan pertumbuhan profit terus berkelanjutan sepanjang tahun ini.”

Selaku hospitality technology, RedDoorz telah mengembangkan teknologi aplikasi pada sistem manajemen perhotelan untuk mitra propertinya. Teknologi yang dihadirkan tersebut diharapkan membantu para mitra properti dalam menjalankan bisnisnya. Dengan demikian, pendapatan mitra dan perusahaan RedDoorz dapat digenjot.

Hasil survey RedDoorz Indonesia pada 2023 menunjukan bahwa lebih dari 50 persen pengguna hotel RedDoorz dan multi-brand di Indonesia merupakan wisatawan dari kelompok generasi Z atau gen Z. Begitu pula dengan proyeksi tahun ini, industri pariwisata Indonesia tahun 2024 juga diprediksi dibanjiri oleh wisatawan dari kalangan gen Z.

Mengingat hal tersebut, RedDoorz menilai bahwa karakteristik gen Z sangat cocok dengan target pasar mereka. Mulai dari melek digital, aktif di media sosial, dan mengutamakan keterjangkauan harga dalam memilih akomodasi penginapan.

“Sehingga di tahun 2024 ini, kelompok wisatawan gen Z akan tetap menjadi target pasar RedDoorz. RedDoorz terus meningkatkan teknologi pada aplikasi pemesanan, sehingga menjadi lebih user friendly dan lebih mudah digunakan,” ujar Mohit seperti dikutip dari Tempo.

Leave A Reply

Your email address will not be published.