Perbedaan Hotel Bintang 1,2,3,4, dan 5, Dari Layanan, Fasilitas Hingga Santapan

0

ihgma.com – Saat seseorang ingin menginap di hotel, salah satu pertimbangannya adalah jumlah bintang pada hotel. Setiap hotel memiliki bintang yang berbeda-beda. Variasi bintang pada hotel umumnya adalah bintang 1, bintang 2, bintang 3, bintang 4, dan juga bintang 5.

Secara sederhana, jumlah bintang hotel adalah penilaian terhadap fasilitas dan pelayanan dari sebuah hotel.

Dengan kata lain, semakin banyak bintang yang dimiliki sebuah hotel maka semakin baik dan lengkap pula fasilitas dan pelayanan yang disediakan hotel tersebut. Makin banyak bintang, lazimnya semakin mahal tarif menginapnya.

Melansir Bali Tribun dari situs Investopedia, sistem peringkat hotel menggunakan istilah bintang ini dirancang untuk mengukur kualitas hotel.

Dengan demikian, tidak semua hotel bintang satu tidak layak ditinggali, hanya saja hotel ini menawarkan fasilitas dasar dan terbatas. Penentu bintang pada hotel ini juga berbeda-beda pada setiap negara. Bahkan di AS, situs web memberikan bintang yang berbeda untuk hotel yang sama.

Ilustrasi kamar hotel
Ilustrasi kamar hotel Foto: Dok. Pegipegi

 

Pasalnya, situs penyedia penyewaan hotel memiliki penilaian masing-masing terkait fasilitas dan akomodasi yang ditawarkan hotel. Di Eropa, terdapat lembaga pemerintah daerah dan organisasi independen yang menentukan peringkat bintang tiap hotel.

Sementara di Amerika Serikat, bintang diberikan oleh berbagai kelompok yang berbeda seperti buku panduan perjalanan, asosiasi perjalanan konsumen, situs web, hingga agen perjalanan.

Meski berbeda-beda, tapi biasanya penentuan peringkat bintang pada hotel ini sebagai berikut:

Hotel Bintang 1

Hotel berbintang 1 ini hanya diperuntukkan bagi pengunjung yang hanya sekedar butuh istirahat di malam hari. Hotel ini menawarkan kamar sederhana yang terdiri dari tempat tidur dan kamar mandi.

Hotel bintang 1 seringkali tidak menyediakan restoran sehingga pengunjung harus berjalan ke luar hotel jika ingin membeli makanan atau minuman. Hotel juga tidak menawarkan fasilitas tambahan atau layanan khusus.

Hotel ini cocok bagi para traveller yang memiliki budget minim tapi ingin menjelajahi berbagai tempat dan hanya menjadikan hotel sebagai tempat tidur di malam hari.

Hotel Bintang 2

Meski mirip dengan hotel bintang 1, hotel bintang 2 umumnya merupakan bagian dari waralaba besar daripada hotel bintang 1 yang biasanya dimiliki individu. Namun akomodasinya sederhana sama seperti hotel bintang 1.

Kendati demikian, pada kamar hotel bintang 2 biasanya menyediakan televisi dam pendingin ruangan. Hotel ini umumnya juga menawarkan restoran atau ruang makan di tempat dan layanan housekeeping harian. Resepsionis hotel ini tersedia selama 24 jam.

Hotel Bintang 3

Hotel bintang 3 biasanya merupakan bagian dari jaringan hotel yang lebih besar dan lebih mewah. Hotel ini umumnya lebih bergaya dan nyaman daripada hotel bintang 1 dan 2.

Hotel bintang 3 menawarkan layanan dan fasilitas yang lebih banyak meski masih terbatas, seperti pusat kebugaran, kolam renang, layanan bisnis, restoran di tempat, layanan kamar, ruang konverensi, dan layanan valet.

Kamar hotel bintang 3 tentu berukuran lebih besar dengan perabotan yang berkualitas lebih tinggi dan seingkali dilengkapi fasilitas mewah seperti TV layar datar.

Hotel bintang 3 umumnya terletak di dekat jalan tol utama dan tempat hiburan.

Hotel Bintang 4

Hotel ini berukuran besar dengan staff berkualitas baik, dan fasilitas yang disediakan pun lengkap.

Kamarnya yang luas didesain dengan indah, dilengkapi dengan perabotan premium dan mewah.

Hotel bintang 4 menawarkan banyak layanan dan fasilitas khusus di antaranya termasuk layanan pramutamu, santapan lezat, beberapa kolam renang, hot tub, pusat kebugaran kelas atas, layanan kamar, parkir valet, hingga day spa.

Hotel Bintang 5

Hotel bintang 5 adalah hotel termewah di dunia yang desain interiornya mewah, nyaman, dan pelayanannya tak tertandingi.  Hotel ini menyerupai karya seni arsitektur karena desain interiornya yang mutakhir dan perabotannya yang mewah.

Banyak dari hotel ini menyediakan pelayan pribadi atau pramutamu yang dikhususkan untuk satu pengunjung. Kamar-kamar hotel bintang 5 besar, glamor, dan elegan bahkan terlihat dari seprai yang digunakan dari bahan premium.

Tak jarang, kamar hotel bintang 5 dilengkapi dengan bak jacuzzi pribadi, TV plasma berlayar lebar dan kualitas gambar high definition (HD), akses internet berkecepatan tinggi, bunga segar, alat mandi mewah, dan pelayanan kamar 24 jam.

Sebagian besar, hotel bintang 5 juga menawarkan restoran gourmet, hiburan, pusat kebugaran mutakhir, beberapa kolam air panas, bak air panas, parkir valet, layanan spa, lapangan tenis, hingga akses lapangan golf.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.