Penonton Kelas Atas MotoGP Mandalika Butuh Sewa Mobil Mewah, Impor dari Bali

0

ihgma.com, Mataram – Pengusaha jasa transportasi di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat tengah mencari pasokan kendaraan mewah untuk melayani penonton kelas atas MotoGP Mandalika. Ajang balap sepeda motor dunia itu akan berlangsung di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada 18 – 20 Maret 2022.

Ketua Dewan Pengurus Daerah atau DPD Organisasi Angkutan Daerah Nusa Tenggara Barat (Organda NTB), Junaidi Kasum mengatakan, kendaraan sewa yang dibutuhkan untuk penonton kelas atas MotoGP Mandalika antara lain Alphard, Innova Reborn, dan Fortuner. “Kami perlu kerja sama dengan penyedia kendaraan sewa dari luar NTB,” kata Junaidi pada Rabu, 5 Januari 2022. Biasanya para pengusaha jasa transportasi di Lombok akan mencari mobil mewah sewaan ke Bali seperti dilansir Tempo.

Mengenai kebutuhan transportasi untuk perhelatan yang bakal disaksikan lebih dari 100 ribu penonton itu, menurut Junaidi, akan tersedia moda angkutan umum. Organda NTB menyediakan 250 unit bus yang melayani rute dari Kota Mataram sampai bundaran Bandara Internasional Lombok. Jarak sejauh 31 kilometer itu ditempuh dalam tempo sekitar 36 menit. Setelah itu, wisatawan naik lagi ke bus menuju Sirkuit Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Mereka menempuh jarak sejauh 18 kilometer selama sekitar 27 menit.

Ilustrasi sewa mobil mewah
Ilustrasi sewa mobil mewah

 

Sementara saat World Superbike yang berlangsung pada 19-21 November 2021 lalu, menurut Junaidi, tersedia 103 bus dengan kapasitas angkut 12, 30, dan 45 tempat duduk. Bus-bus ini tersebar dari lima titik dan berujung di parkir barat atau parkir timur KEK Mandalika. Setelah itu, penonton naik bus lagi untuk sampai di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Saat World Superbike berlangsung, angkutan sewa khusus atau mobil sewaan tercatat sekitar 800 unit yang terpantau melalui ramp check. Jika digabung dengan yang tidak terpantau sistem pengecekan, Junaidi memperkirakan, jumlah kendaraan sewa mencapai 5.000 unit saat itu. Jenisnya mulai dari Avanza hingga Innova Reborn.

Senada dengan Junaidi Kasum, Ketua Asosiasi Travel Agent Indonesia atau Astindo NTB, Sahlan M. Saleh mengatakan kebutuhan angkutan sewa khusus yang tinggi untuk MotoGP Mandalika nanti. “Pasti banyak yang butuh. Minimal tersedia 300 unit,” ujarnya. Astindo NTB juga melayani penjualan tiket MotoGP Mandalika. Di luar harga tiket, mereka menyediakan paket hotel, transportasi, dan makan minum selama empat hari tiga malam di Lombok senilai Rp 6 – 7 juta per orang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.