Libur Lebaran Okupansi di Bali Diprediksi Naik 80 Persen, Gipi Bali: Biasanya Booking Last Minute

0

ihgma.com, Denpasar – Libur Idul Fitri atau Lebaran diprediksi akan membuat tingkat hunian kamar naik 80 persen di Bali.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali, Ida Bagus Agung Partha Adnyana.  Saat liburan Lebaran biasanya wisatawan domestik yang dominan akan mengunjungi Bali.

Kebanyakan mereka melakukan reservasi saat mendekati hari libur, walaupun ada yang sudah melakukan reservasi kamar jauh – jauh hari.

“Hotel – hotel sudah siap untuk periode libur lebaran, biasanya tamu domestik akan booking di last minute, itu karena mempertimbangkan kondisi alam, cuaca saat hari liburan juga, apalagi hujan angin masih terjadi,” ungkap, Gus Agung pada, seperti dikutip dari Tribun Bali pada Sabtu 23 Maret 2024.

GIPI juga meminta maskapai banyak mengajukan penerbangan tambahan atau extra flight agar harga tiket tidak terlampau tinggi bagi wisatawan domestik, sehingga lebih banyak wisatawan masuk Bali dengan pesawat.

“Jumlah wisatawan yang masuk melalui bandara selama libur lebaran mencapai 15.000 orang per hari,” imbuhnya.

Libur lebaran yang bersamaan dengan periode arus mudik yang bisa mendorong melonjaknya harga tiket. Selain itu, harga tiket pesawat yang mahal juga menyebabkan wisatawan banyak memilih menggunakan kendaraan pribadi.

“Dampaknya kemacetan akan terjadi terutama di ruas jalan yang menuju destinasi wisata dan ruas jalan nasional,” tutupnya.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.