Kuala Lumpur-Singapura Jadi Rute Penerbangan Tersibuk di Dunia 2023

0

ihgma.com – Kuala Lumpur-Singapura dinobatkan sebagai rute penerbangan internasional paling sibuk di dunia tahun 2023, menurut laporan dari penyedia data perjalanan global yang berbasis di Inggris, OAG.

“Rute penerbangan internasional paling sibuk 2023 adalah Kuala Lumpur (KUL) ke Changi Singapura (SIN) dengan 4,9 juta kursi,” bunyi keterangan dari laman resmi OAG, seperti dikutip dari Kompas Rabu (27/12/2023).

Apabila dilihat dari segi wilayah, Kuala Lumpur-Singapura tetap menjadi rute penerbangan internasional tersibuk se-Asia Pasifik tahun 2023.

Adanya rute Kuala Lumpur-Singapura di peringkat pertama menunjukkan peningkatan. Sebab, pada tahun 2022, rute ini hanya berada di posisi ketiga.

Pesona Kuala Lumpur. Foto: Shutterstock
Pesona Kuala Lumpur. Foto: Shutterstock

Sementara itu, di peringkat kedua ada rute Kairo-Jeddah dengan 4,8 juta kursi, alias hanya perbedaan kapasitas dua persen dengan rute Kuala Lumpur-Singapura.

Kemudian di peringkat ketiga ada Hong Kong-Taipei dengan 4,6 juta kursi. Rute ini sebelumnya menjadi yang tersibuk tahun 2019, namun telah mengalami penurunan sebesar 43 persen.

Sebagai informasi, rute penerbangan tersibuk merupakan rute dengan volume kursi penerbangan terjadwal paling banyak pada tahun 2023.

Data yang ditampilkan adalah untuk penerbangan dua arah (pergi-pulang) di setiap rute. Laporan Rute Tersibuk ini bersumber dari OAG Schedules Analyser pada minggu pertama setiap bulannya.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.